Kecamatan Ratahan dan Ratahan Timur Laksanakan Bursa Inovasi Desa

Kecamatan Ratahan Dan Ratahan Timur Laksanakan Bursa Inovasi DesaRATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Luar biasa, usai dilaunching oleh Wakil Bupati Jocke Legi pada Rabu (3/7/2019), Kecamatan Ratahan dan Ratahan Timur langsung langsung melaksanakan Bursa Inovasi Desa (BID) bertempat di BPU Desa Pangu, Kamis (4/7/2019).

Menurut Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan Ratahan Timur Meyni Sengkey, SP., kegiatan ini dihadiri oleh tenaga ahli madya provinsi, tenaga ahli kabupaten, para hukum tua dan utusan tiap desa.

“Bursa ini dilakukan untuk memunculkan kegiatan-kegiatan yang memiliki inovasi di tiap desa yang ada di Kecamatan Ratahan dan Ratahan Timur” ujar Sengkey didampingi Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan Ratahan Bung Alvian Sumual, SE, ME.

Sementara itu, Camat Ratahan Fero Worang, SE, dalam sambutannya meminta agar seluruh peserta dapat memberikan masukan kegiatan yang memiliki inovasi untuk dilaksanakan di tiap desa.

“Jadikan kegiatan bursa inovasi desa ini sebagai media untuk menuangkan kegiatan yang akan memiliki dampak lebih dalam melaksanakan kegiatan di tiap desa” pungkas Worang.

Kemudian Sekretaris Kecamatan Arce Kalalo, SH, mewakil Camat Ratahan Timur mengatakan bahwa keberadaan Bursa Inovasi Desa diharapkan dapat menjadi solusi bagi pemerintah desa dalam menyelesaikan masalah dan rencana pembangunan yang ada di desa.

Lanjut dikatakan Kalalo, seluruh program dan kegiatan di desa yang telah dituangkan dalam Kartu Komitmen dan Kartu Ide, bertujuan agar dapat mempernudah bagi setiap Pemerintah Desa dalam menyusun RKPDes dan APBDes tahun 2020 nanti.

“Diharapkan melalui Bursa Inovasi Desa (BID) ini setiap pemerintah desa bisa menjual kreasi dan inovasi yang sudah dilakukan oleh desa, yang mana bisa dicontoh ke dalam wilayah kita sesuai potensi masing masing yang dimiliki desa” pungkas Kalalo, saat menutup pelaksanaan Bursa Inovasi Desa Kecamatan Ratahan dan Ratahan Timur.(ten)