14 Mahasiswa Jurusan Pariwisata Polimdo Magang di Luar Negeri

 

Pembeklaan kepada mahasiswa peserta PKL
Pembeklaan kepada mahasiswa peserta PKL

MANADO, (manadotoday.co.id)– Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Manado (Polimdo) kembali mengirimkan mahasiswa untuk magang di luar negeri setelah tahun 2018 lalu melakukan hal yang sama yakni ke Cina dan Malaysia yakni di Kualalumpur dan Penang.

‘’Ya, sudah sejak tahun 2018 lalu kami mengirim mahasiswa magang ke Cina dan Malaysia yakni di Kualalumpur dan Penang. Mereka melaksanakan kegiatan praktek di Hotel Berbintang Lima,’’ ujar Oktavianus Lintong SPi MSi, Ketua Jurusan Pariwisata Polimdo.

Sementara Ketua Panitia Magang Drs Robert D Towoliu mengatakan, setiap tahun Jurusan Pariwisata dari  Program Studi S1 Terapan Manajemen Perhotelan mengirimkan mahasiswa ke Cina sebanyak 3 orang,  Kuala Lumpur 5 orang dan Penang 6 orang.

‘’Ini berkat kerja sama yang bagus antara kami dengan mereka yang menjadi lokasi magang. Melalui magang ini, mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh di bangku kuliah di dunia industri di mana mereka ditempatkan,’’ tukas Towoliu.

Mahasiwa magang tersebut akan ditempatkan selama enam bulan, mulai Juli dan berakhir Desember 2019.

Ditambahkan Towoliu, kegiatan magang internasional ini sekalipun berlingkup bilateral, namun memiliki makna penting bagi mahasiswa. Tidak hanya terkait dengan school exposer, tetapi lebih pada international atmosphere.

Mahasiswa PKL yang akan magang dan para dosen
Mahasiswa PKL yang akan magang dan para dosen

Ketua Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Manado, Oktavianus Lintong menilai, mahasiswa perlu memiliki wawasan internasional. Terlebih dengan telah diberlakukannya pasar bebas ASEAN sejak 2015 silam.

‘’Mau tidak mau, dunia pendidikan pasti terimbas oleh globalisasi dan mahasiswa harus dipersiapkan untuk memenangi kompetisi global termasuk dalam dunia pendidikan ini,” tandasnya.

Melalui magang internasional ini, berbagai kualifikasi seperti yang dikehendaki oleh pembelajaran abad 21 dapat lebih dikuatkan lagi pada mahasiswa peserta magang mulai dari kemahiran komunikasi, berpikir kreatif, bekerja sama dan kemandirian.

‘’Oleh karena itulah mahasiswa peserta magang  internasional ini mendapatkan pembekalan yang terkait dengan pemenuhan empat kualifikasi yang menjadi syarat, penguatan spirit de corp, penguasaan bahasa dan budaya Cina dan Malaysia serta tidak kalah pentingnya adalah  penguasaan mapping dan travelling di Cina dan Malaysia,’’ tukas Lintong yang juga Ketua Senat Polimdo didampingi Sekretaris Jurusan Pariwisata Dr Bernadain Dainty Polii.

Selain ke luar negeri tambah Lintong, mahasiswa Program Studi S1 Terapan Manajemen Perhotelan ini melakukan magang di dalam negeri yakni Bali 17 orang,  Jakarta 1 orang dan Batam 6 orang. Keseluruhan mahasiswa yang magang baik dalam maupun luar negeri  berjumlah 38 dan sebelum berangkat diberi pembekalan.

Direktur Politeknik Negeri Manado Ir Evert N Slat MT memberikan langsung catatan pada saat pembekalan. Dia mengaku peserta tahun ini diharapkan tidak sekadar melaksanakan program yang telah dipersiapkannya.

‘’Para peserta magang diharapkan dapat membawa nama baik Politeknik Negeri Manado. Perlihatkanlah bahwa kalian itu bisa dan layak diperhitungkan di bidang pariwisata,’’ tegas Direktur. (ark/*)

Add Comment