Gelar Assesment Test, Bupati ROR: Untuk Mencari Pejabat Berintegritas dan Berkompetensi

Assesment Bertujuan Untuk Mencari Pejabat Yang Berintegritas danTONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Bupati Ir. Royke Octavian Roring, M.Si (ROR) bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey, S.Si (RD) menghadiri pelaksanaan Assessment Test di lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Tahun 2019 di Aula Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Senin, 1 Juli 2019.

Adapun dasar dari oelaksanaan Assessment Test ini tertuang dalam UU nomor 5 Tahun 2019 tentang aparatur sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017, tentang manejement PNS serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014, tentang Tata cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi secara Terbuka di Lingkungan Instansi pemerintah.

Salah satu kebijakan pemerintah dalam menata sumber daya manusia khususnya yang akan menduduki jabatan struktural di tiap eselon adalah dengan cara assessment test. Hal ini bertujuan agar jabatan tersebut bisa diisi oleh orang yang tepat (right man on the right place). Perlu diketahui pula bahwa yang dapat diusulkan mengikuti assessment test adalah seorang yang sudah lolos persyaratan administrasi, seperti kepangkatan, riwayat pekerjaan dan pendidikan.

Pelaksanaan Assessment Test di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa ini bertujuan untuk menjaring pemimpin atau pejabat yang memiliki integritas, kompetensi dan mampu mengelola setiap tugas kerja dalam satu posisi jabatan yang sesuai dengan bidangnya.

Dalam sambutannya, Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring M.Si menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dalam persiapan mengisi jabatan – jabatan yang kosong.

“Hasil Assesment test ini bukan hanya mempersiapkan ke eselon II tetapi juga meninjau keberadaan jabatan saat ini, jika di tinjau dari keberadaan jabatan tidak memadai, akan menjadi pertimbangan untuk mutasi kedepan , ” ujar Bupati.

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry R. Korengkeng, SH, MSi, Inspektur Kabupaten Minahasa Frits Muntu, S.Sos, Plt dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Minahasa Ir. Teddy Kamagi. (rom)