Dandes 2019 Desa Sion, Bangun Infrastruktur Guna Peningkatan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat

Sertifikasi pekerjaan Dandes Tahap 1 2019 Desa Sion, Rabat Beton Jalan kebun Manembo
Sertifikasi pekerjaan Dandes Tahap 1 2019 Desa Sion, Rabat Beton Jalan kebun Manembo

TOMPASOBARU, (manadotoday.co.id) – Kebijakan Presiden Jokowidodo dan Wakil Presiden Jusuf Kala, dengan program Dana Desa (Dandes) telah memberikan dampak positif bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini terbukti dengan beragam pembangunan infrastruktur yang berhasil dibangun di kawasan pedesaan. Alhasil dengan program Dandes, berbagai kemudahan boleh dinikmati masyarakat termasuk warga Desa Sion Kecamatan Tompasobaru Kabupaten Minahasa Selatan.

Papan informasi Dandes dan ADD Desa Sion, sebagai wujud tranparansi.
Papan informasi Dandes dan ADD Desa Sion, sebagai wujud tranparansi.

Sehubungan dengan penggunaan Dana Desa Tahun 2019 Desa Sion, menurut Hukum Tua Stenly Pantow, sebagaimana hasil keputusan musyawarah desa yang dituangkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2019, masih diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat.

“Untuk pembangunan Infrastruktur, Tahun 2019 dibangun Rabat beton jalan sentra produksi atau jalan kebun sepanjang kurang lebih 1 Kilometer, Plat Duiker, jaringan air bersih dan penerangan lampu, dengan memberdayakan masyarakat sebagai tenaga kerja9 ,” terang Pantow.

Lanjutnya, untuk pembangunam rabat beton jalan sentra produksi ekonomi warga, merupakan jawaban atas kerinduan warga yang selama ini mengalami kesulitan jika melalui akses jalan kebun yang berlumpur dan becek terlebih ketika musim penghujan.

“Karena itu pembangunan ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat ,” ujar Pantow.

Dalam hal pengelolaan Dandes dan Alokasi Dana Desa (ADD) pihaknya menurut Pantow selalu mengedepankan transparansi dan akuntabilitas serta sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pembuatan Rabat Beton Jalan kebun di Desa Sion Kecamatan Tompasobaru
Pembuatan Rabat Beton Jalan kebun di Desa Sion Kecamatan Tompasobaru

“Ini sudah menjadi komitmen kita sebagai pemerintah desa bagaimana mengelolah Dandes yang baik dan transparan serta memanfaatkan Dandes semata untuk kesejahteraan dan kepentingan masyarakat,” imbuhnya.

Pun demikian dengan adanya Dandes dan Alokasi Dana Desa (ADD) Pantow memberikan apresiasi kepada Presiden Jomowidodo, Wakil Presiden Jusuf Kala, yang dinilai terus mengeluarkan program dan kebijakan yang pro Rakyat.

” Demikian juga terimakasih untuk Bupati Christiany Eugenia Paruntu dan Wakil Bupati Frangky Donny Wongkar yang terus berkomitmen membangun Kabupaten Minsel menjadi lebih baik,” ujarnya seraya berharap Program Dandes dan ADD akan terus berkelanjutan karena sangat bermanfaat guna menunjang kesejahteraan masyarakat . (lou)

Add Comment