Pemkab Mitra Siapkan Anggaran Rp900 Juta Guna Penataan Pulau Punten

Reporter : | 29 Jun, 2019 - 10:29 pm WITA

Desten Katiandagho

Desten Katiandagho

RATAHAN, (manadotoday­.co.id) -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, tahun ini akan menata Pulau Punten yang nantinya akan menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Mitra.

Untuk menata Pulau Punten yang berada di Kecamatan Pusomaen tersebut, pemerintah telah menyiapkan anggaran sekira Rp900 juta .

Proses tender bersama pihak ketiga kini tengah berlangsung dan tinggal menunggu penetapan pemenangan untuk pekerjaan penataan pulau yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) di tahun anggaran 2019 ini.

Sejumlah rencana penataan diantaranya sistim transportasi pengunjung dengan keberadaan dermaga baik di pulau maupun dari wilayah Minanga. Selanjutnya penataan di pulau sudah disiapkan konsep oleh pihak pemerintah yang nantinya akan dinikmati para pengunjung pulau tersebut.

“Anggarannya memang terbilang besar. Sebab dari sisi transportasi untuk angkutan material dalam penataan pulau, cukup memakan dana, selain pembangunan dermaga baik di pulau maupun didaratan sebagai fasilitas penunjang bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau Punten,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Desten Katiandagho, baru-baru ini.

Menurut Desten, proses tender saat ini sedang berlangsung dan tinggal menuggu penetapan pemenangan bagi pihak ketiga.

“Proses di Bagian Barang dan Jasa Sekretariat Daerah. Kalau sudah, tentu pekerjaan sudah akan dilakukan dan selesai pada tahun 2019 ini,” yakin Desten.

Dia mengatakan, setelah penataan pulau selesai, akan dilihat lagi faslitas penunjang maupun hal lainnya yang akan disediakan di sana.

“Yang pasti kita melakukan penataan dulu agar dapat menarik minat para wisatawan. Sebab harus diakui jika penataan belum dilakukan tentu akan berimbas terhadap kesan keindahan yang sudah tersaji,” pungkas Desten. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment