Desa Motoling Prioritaskan Dandes 2019 Bangun Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat

Papan informasi Dana Desa dan ADD Tahun 2019 Desa Motoling
Papan informasi Dana Desa dan ADD Tahun 2019 Desa Motoling

MOTOLING, (manadotoday.co.id) – Guna menjawab kebutuhan warga dalam rangka peningkatan kesejahteraan, Pemerintah Desa Motoling Kecamatan Motoling Kabupaten Minahasa Selatan, terus menghadirkan berbagai program pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat, yaitu dengan memanfaatkan program Dana Desa Presiden Jokowidodo dan Wakil Presiden Jusuf Kala.

Sehubungan dengan program Dana Desa Tahun 2019, Hukum Tua Desa Motoling Meidy Tambuwun mengatakan bahwa pihaknya tetap berkomitmen untuk memanfaatkan DD dan ADD untuk kepentingan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Karena sejatinya tujuan dialokasikannya DD dan ADD untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Diuraikan Tambuwun, untuk besaran DD dan ADD Desa Motoling di Tahun 2019, yakni Rp 1.087.034.266. Dimana peruntukannya masih difokuskan pada pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masayarakat.

“Dengan pos belanja yang terdiri dari beberapa bidang yaitu Bidang Penyelenggaraan Pemerintah sebesar Rp 277.811.266 (diambil dari ADD), pembangunan Desa sebesar Rp 583.612.800 (DD), pemberdayaan masyarakat sebesar Rp 165.360.200 (DD) dan penyertaan modak Bumdes sebesar Rp 50 juta (DD). Sementara untuk Bidang

Material yang siap dikerjakan di Lokasi pembangunan paving block
Material yang siap dikerjakan di Lokasi pembangunan paving block

pembangunan Desa akan dilaksanakan pembangunan Paving Block sepanjang 272 Meter dengan anggaran Rp 288.284.000, Plat Duicker sepanjang 465 Meter dengan anggarran Rp 263.672.400,” ujarnya menambahkan dalam pelaksanaan pengelolaan DD dan ADD pihaknya selalu mengedepankan transparansi dan akuntabilitas.

“Tujuannya agar setiap progres pekerjaan yang bersumber dari DD dan ADD diketahui masyarakat,” ucapnya.

Pun demikian Tambuwun berharap DD dan ADD akan menjadi program berkelanjutan pemerintah Jokowi, karena masih sangat dibutuhkan masyarakat dalam rangka peningkatan kesejahteraan.

“Apresiasi kepada Presiden RI Jokowidodo dan Wakil Presiden Jusuf Kala, yang terus berkomitmen menjawab kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat. Begitupun terima kasih kepada Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu dan Wakil Bupati Frangky Donny Wongkar yang juga terus memperhatikan kepentingan masyarakat,” tutupnya. (lou)

Add Comment