Kabag Pemerintahan dan Humas Sonny Takumansang Terima Kunker Pemkot Gorontalo

Yusrianto Kadir
Kabag Pemerintahan dan Humas Sonny Takumansang Terima Kunker Pemkot Gorontalo

MANADO, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo menyambangi Kantor Wali Kota Manado pada Kamis (27/6/2019), untuk menggelar kunjungan kerja (kunker).

Kepala Bagian Pemerintahan Pemkot Gorontalo Yusrianto Kadir mengatakan, tujuan kedatangan mereka adalah untuk mengetahui bagaimana kiat-kiat Pemkot Manado dalam memaksimalkan peran kecamatan dan kelurahan.

“Jadi kunjungan kerja ini dalam rangka memperkuat peran perangkat daerah dalam hal ini kecamatan dan kelurahan, bagaimana cara memaksimakan peran mereka dalam melayani masyarakat,”ujar Yusrianto Kadir yang datang bersama beberapa camat dan lurah.

Sementara Kepala Bagian Pemerintahan dan Humas Sonny Takumansang saat menerima rombongan mengatakan, Kota Manado terdiri dari 11 kecamatan, 87 kelurahan dan 504 lingkungan yang menjadi ujung tombak dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Untuk urusan kebersihan, kami memiliki Perwal (peraturan wali kota) yang melimpahkan urusan kebersihan ke kecamatan. Personil kebersihan, mobil sampai motor sampah dan lain-lain semua menjadi tanggung jawab kecamatan. Pihak kecamatan berkoordinasi dengan dinas lingkungan hidup dengan operasional tetap di kecamatan,”jelas Takumansang.

Kemudian terkait pelayanan publik, Pemkot Manado memiliki C3 (Cerdas Command Center) yang dilengkapi berbagai aplikasi untuk memberi kemudahan kepada masyarakat.

“Jadi lewat C3 ini masyarakat bisa mengakses harga pangan, ramalan cuaca, membayar pajak bahkan mengambil antrian untuk beberapa dinas, semua diakses scara online. Yang menjadi andalan saat ini adalah Call Center 112 yang baru-baru ini mendapat juara dunia di Praha, Ceko. Call Center 112 sudah terkoneksi dengan beberapa layanan publik baik kepolisian, PLN, pemadam kebakaran dan rumah sakit, jadi, masyarakat yang mengalami masalah kedaruratan bisa menghubungi 112, meskipun tidak ada pulsa tetap akan tersambung di 112,”tuturnya.

Lanjutnya mengatakan, pada 27 Juli – 4 Agustus nanti, Pemkot Manado akan menggelar Manado Fiesta 2019. Dia mengundang rombongan Pemkot Gorontalo untuk datang ke iven akbar tersebut.

“Jadi Manado Fiesta tahun ini akan lebih spektakuler dari tahun lalu, carnaval of light, terjun payung malam, parade perahu hias dan masih banyak hal-hal lain yang akan ditampilkan, saya harap saudara-saudara sekalian dapat kembali lagi di Manado pada 27 Juli – 4 Agustus nanti,”tandas Kepala Bagian Pemerintahan dan Humas Sonny Takumansang.(ryan)

Add Comment