Dinas Pertanian Mitra Segera Salurkan Bantuan Electric Hands Sprayer dan Corn Planter

Reporter : | 28 Jun, 2019 - 12:19 am WITA

Tingkatkan Produksi Pertanian, Dinas Pertanian Mitra Siapkan Bantuan Electric Hands Sprayer DanRATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Untuk meningkatan hasil produksi, para petani di Minahasa Tenggara (Mitra) terus ‘dipersenjatai’ peralatan tani.

Sedikitnya 36 kelompok tani (koptan) yang tersebar di 12 kecamatan, segera menerima bantuan electric hands sprayer sebanyak 75 unit dan 25 unit corn planter.

Bahkan, penyaluran bantuan peralatan pertanian dari pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara itu, sudah akan direalisasikan Dinas Pertanian Mitra.

“Kita sudah akan menyalurkan bantuan peralatan pertanian ini bagi 36 kelompok tani di Mitra,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Elly Sangian, Kamis (27/6/2019).

Menurutnya, bantuan peralatan ini akan sangat berdampak terhadap hasil pertanian.

“Bantuan ini akan sangat bermanfaat bagi petani baik dari segi efisiensi maupun dari segi produksi,” ujar Sangian.

Sangian mencontohkan, electric hands sprayer tak lagi menggunakan stang besi untuk memompa pupuk, melainkan menggunakan energi listrik yang di-charge.

“Jadi peralatannya menggunakan sistim listrik. Diisikan daya charger, kemudian langsung digunakan. Sudah ada tombol-tombol dan petunjuk penggunaannya. Teknologinya sudah semakin maju,” katanya.

Demikian pula corn planter, peralatan pertanian tanam jagung itu juga memanfaatkan kreatifitas pertanian modern sekarang ini.

“Peralatan tersebut tinggal disetel jarak tanam, bibit jagung taruh didalamnya. Jadi tinggal sorong pada lobang atau lokasi tanam bibit jagungnya,” jelas Sangian.

Dia pun berharap agar bantuan yang disalurkan nanti dapat benar-benar dimanfaatkan petani.

“Dan hasilnya juga akan dirasakan. Sebab efisiensi waktu, tenaga hingga hasil produksi akan dapat dirasakan. Ini diberikan demi kemakmuran para petani di Mitra secara umum. Apalagi pak bupati selalu mendorong sektor pertanian untuk dimanfaatkan masyarakat,” pungkas Sangian. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment