Wabup RD Pimpin Rakor Penanggulangan Kemiskinan

Wabup RD Pimpin Rakor Penanggulangan KemiskinanTONDANO, (manadotoday.co.id) – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey S.Si (RD) memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Sinkronisasi Program Penanggulangan Kemiskinan tahun 2019, bertempat di ruang Rapat Bappelitbangda Minahasa, Rabu 26 Juni 2019.

Hadir selaku narasumber DR Een Walewangko, SE, MSi dan Kepala Bappelitbangda Drs Donald Wagey.

Rapat diawali laporan Kepala Bidang Sosial dan Budaya Yeni Manorek yang menyampaikan kemiskinan dapat disebabkan oleh keterbatasan kesempatan masyarakat untuk mengakses sumber daya yang sebenarnya dapat berfungsi untuk menghasilkan income (pendapatan), seperti­ keterbatasan modal dan aset untuk usaha dan keterbatasan akses terhadap pelayanan sarana dan prasarana kesehatan.­

“Kegiatan sinkronisasi program penanggulangan kemiskinan di kabupaten Minahasa dimaksudkan untuk penyelarasan seluruh program dan kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan tahun 2019-2023 dan tujuan rapat koordinasi dilaksanakan dalam rangka mengevaluasi seluruh program yang sudah dan sementara dilaksanakan serta memberi masukan untuk kegiatan di tahun yang akan datang.”ujar Manorek.

Sementara itu, Wakil Bupati Minahasa selaku Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah di awal sambutan memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan ini bisa terselenggara.

“Penyelenggaraan rapat koordinasi saat ini adalah salah satu upaya pemerintah Minahasa dalam penanggulangan kemiskinan untuk mewujudkan pembangunan secara berkesinambungan khususnya di kabupaten Minahasa dalam pencapaian visi yang maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat adil dan sejahtera, ” ujar RD.

Berbagai program percepatan penanggulangan kemiskinan telah dilaksanakan diantaranya bantuan pangan non tunai (BPNT), program revitalisasi rumah tinggal layak huni (RTLH) bagi masyarakat kurang mampu, Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan masih banyak lagi program yang berfaliasi dari pemerintah pusat ke daerah.

“Saya berharap peran setiap organisasi perangkat daerah mampu memantapkan peran masing masing sesuai dengan tugas dan fungsinya,sehingga akan terjalin jaringan koordinasi secara sinergis pada setiap tingkatan , ” harap Wabup. (rom)

Add Comment