Optimalkan PAD Galian C, Pemkot Tomohon Bangun Pos Penagihan Pajak

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari galian terus dilakukan Pemkot Tomohon melalui Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Bidang Pendapatan.

Pos Penagihan Pajak Galian C yang dibangun untuk mengoptimalkan PAD
Pos Penagihan Pajak Galian C yang dibangun untuk mengoptimalkan PAD

Salah satunya dengan membangun Portal atau pos penagihan pajak di Kakaskasen Satu satu buah dan Kinilow dua buah dan resmi beroperasi pada Rabu (26/6/2019).

Kepala BPKPD Kota Tomohon Drs Gerardus Mogi melalui Kepala Bidang Pengelola Pendapatan Vonny Sompotan SE mengatakan, portal yang dibangun sangat efektif, karena kebocoran selama ini di mana ada pihak penambang tidak membayar material galian C sudah mulai teratasi.

Perusahaan penambang memiliki karcis yang nantinya ditukarkan kepada petugas di pos penagihan yang dibangun.

”Jika sopir truk tidak memiliki karcis, ia tidak boleh keluar lokasi. boleh saja asal membayar tunai,” tegas Sompotan seraya menambahkan dengan begitu, pihaknya bisa mengontrol material yang keluar dari lokasi tambang.

Dalam menjalankan program ini, BPKPD Kota Tomohon bekerja sama dengan pihak Kepolisian, Kejaksaan, Dinas Perhubungan serta Satpol PP.

Apa yang dilakukan BPKPD Kota Tomohon diapresiasi Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak. ”Dengan begitu, sumber PAD yang belum optimal tergali, sudah mulai memberikan kontribusi yang berarti,” tukas wali kota. (ark)

Add Comment