Sikapi ‘Perhatian Khusus’ Presiden Jokowi Untuk Sulut, Gubernur Olly Perintahkan Dinas PUPR Gerak Cepat

olly dondokambey
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey

SULUT, (manadotoday.co.id) – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menjadi salah satu dari beberapa daerah di tanah air yang mendapat ‘perhatian khusus’ untuk pembangunan infrastruktur dari Presiden RI Joko Widodo.

Terkait hal itu, Gubernur Olly Dondokambey mengumpulkan seluruh jajaran Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemprov Sulut, di Ruang C.J. Rantung, Selasa (25/6/2019).

Pada pertemuan itu, Olly melakukan evaluasi dan optimalisasi kinerja bidang pekerjaan umum. Olly menegaskan jika perkembangan pembangunan di Sulut akan dimonitor langsung Presiden Jokowi.

“Presiden Jokowi akan meninjau langsung pembangunan infrastruktur di Sulawesi Utara dalam waktu dekat ini karena Sulawesi Utara dipilih Presiden Jokowi menjadi salah satu prioritas pembangunan di Indonesia,” katanya.

Olly meminta seluruh jajaran Dinas PUTR Pemprov Sulut gerak cepat, dan segera menyiapkan data-data terkait proyek pembangunan infrastruktur di Sulut yang akan dibahas lebih dulu bersama pemerintah pusat.

“Saya minta data-data dan progres pembangunan infrastruktur yang dikerjakan di Sulut diserahkan ke saya dalam dua hari ini karena akan dibahas minggu depan dengan pihak kementerian sebelum kedatangan Presiden Jokowi ke Sulut,” beber Olly.

“Penanggung jawab lapangan harus ada di lapangan untuk melihat dan melaporkan pembangunan yang sedang berlangsung agar hasilnya bisa maksimal,” tegas Olly.

Diketahui, ada sejumlah proyek infrastruktur yang sedang dan akan dikerjakan di Sulut. Diharapkan, setelah ditetapkannya Sulut sebagai prioritas pembangunan oleh Presiden Jokowi dapat mempercepat penyelesaian pembangunannya sekaligus mewujudkan konekvitas di Sulut. Karenanya, diperlukan akurasi data dari rencana dan progres seluruh proyek infrastruktur.

Diketahui, proyek-proyek di Sulut diantaranya yakni pembangunan jalan tol Manado-Bitung sepanjang 39,9 kilometer, jalan Manado Outer Ring Road (MORR) III sepanjang 11,4 kilometer dan Pembangunan Fly Over Boulevard 2 Manado sepanjang 1,3 kilometer.

Kemudian pembangunan jalan lingkar Pulau Karakelang, jalan lingkar Pulau Salibabu dan jembatan Pulau Karakelang-Salibabu di Kabupaten Kepulauan Talaud. Selanjutnya pembangunan ruas jalan raya Bandara-Likupang sepanjang 31,55 kilometer di Kabupaten Minahasa Utara.

Sementara itu, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV Sulawesi Utara dan Gorontalo yang juga hadir dalam rapat tersebut menyebut sejumlah rencana proyek yang akan dikerjakan pihaknya pada tahun 2020 nanti.

Proyek-proyek tersebut diantaranya yaitu pembangunan jembatan penghubung pulau perbatasan, jalan lingkar Kota Kotamobagu, pembangunan jembatan Pulau Lembeh, pembangunan jalan khusus ambulans di kota Manado.

Adapun rapat evaluasi dan optimalisasi kinerja bidang pekerjaan umum turut dihadiri Sekdaprov Edwin Silangen dan para pejabat di Dinas PUTR Pemprov Sulut. (ton)

Add Comment