Wagub Kandouw Ikuti Jaya Sakti Fun Bike HUT Kodam XIII Merdeka ke-61

fun bike
Wakil Gubernur Sulut Steven O. E Kandouw, dan peserta lainnya, ketika mengikuti sepeda santai bertajuk “Jaya Sakti Fun Bike”.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven O. E Kandouw, ambil bagian pada kegiatan sepeda santai bertajuk “Jaya Sakti Fun Bike” yang digelar di Manado, Sabtu (15/6/2019).

Kegiatan yang digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 Kodam XIII Merdeka yang jatuh pada tanggal 16 Juni 2019, dibuka langsung Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang.

Usai dilepas Pangdam XIII Merdeka dari garis start di Kawasan Pohon Kasih Mega Mas, Wagub Kandouw bersama ribuan peserta lainnya bersepeda santai hingga finish di Makodam XIII Merdeka.

Dalam sambutannya, Pangdam XIII Merdeka mengapresiasi kehadiran seluruh peserta.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada para bikers sekalian yang telah hadir memenuhi undangan kami untuk merayakan peringatan ke 61 Kodam XIII Merdeka, terima kasih atas pelaksanaannya, terima kasih atas kedatangannya,” kata Aritonang.

Disamping itu, Pangdam juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya iven tersebut. “Terima kasih semuanya,” beber Pangdam.

Tekait nama Kodam XIII Merdeka, Pangdam menuturkan, nama tersebut Diketahui diambil dari operasi yang dilaksanakan TNI ketika menumpas Permesta di Sulut.

“Jadi nama operasi itu merdeka dan dilaksanakan pads tanggal 16 juni tahun tahun 1958,” kata Pangdam.

Namun tahun 1985 Kodam ini di gabung menjadi satu yaitu Kodam XIV Hasanudin dan Kodam XII Merdeka digabung menjadi menjadi Kodam VII Wirabuana.

Pada tanggal 20 Desember 2016 Kodam VII Wirabuana dipecah lagi yang di selatan menjadi Kodam XIV Hasanudin dan di Utara menjadi Kodam XIII Merdeka.

“Jadi tanggal lahir Kodam XIII Merdeka diambil saat berdiri dulu pada tanggal 16 Juni 1958 kalau dihitung sekarang menjadi 61 tahun,” imbuh Pangdam

Kegiatan sepeda santai “Jaya Sakti Fun Bike” oleh Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Utara Brigjen Pol Karyoto, SIK, Kepala Perwakilan BPKP Sulut Sofyan Antonius Kepala BI Sulut Arbonas Hutabarat, Pemimpin Cabang BRI Manado Boulevard Andarias Pangayang, jajaran Polda Sulut dan Kodam XIII Merdeka. (ton)

Add Comment