Peringati World Blood Day, Pemkot dan PMI Kota Bitung Gelar Donor Darah

Peringati World Blood Day, Pemkot dan PMI Kota Bitung Gelar Donor DarahBITUNG, (manadotoday.co.id) – Memperingati World Blood Day, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bitung bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, menggelar kegiatan donor darah di BPU Kantor Walikota Bitung, Jumat(14/6/2019).

Aktivitas kemanusiaan yang mengusung tema ‘Setetes Darahmu Selamatkan Sejuta Jiwa’ mendapat antusias dari seluruh masyarakat Kota Bitung.

Walikota Bitung Max J Lomban SE MSi mengatakan, mereka yang dengan sukarela mendonorkan darahnya karena adanya kesadaran tentang betapa pentingnya kebutuhan stok darah yang mampu menyelamatkan nyawa orang lain.

Lomban pun mengapresiasi pemberian diri para pendonor yang dengan sukarela menyumbangkan darah mereka untuk kebutuhan stok darah dan memberikan tanda penghargaan kepada mereka yang telah mendonorkan darahnya sebanyak 40 kali, 30kali , 20 kali dan 10 kali.

“Hal ini diharapkan akan menjadi motivasi bagi semua masyarakat untuk menjadi pendonor darah sukarela serta merasakan manfaatnya dari segi kesehatan,” kata Lomban.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Bitung Khouni Lomban Rawung mengatakan, idealnya stok darah yang ada dalam suatu kota itu harus tersedia 2,5% dari jumlah penduduk. Untuk mewujudkan ini tentu perlu adanya kesadaran penuh akan rasa kemanusiaan dari seluruh elemen masyarakat.

Ia melanjutkan, PMI Kota Bitung terus berupaya dan bekerja keras mensosialisasi dan mengajak masyarakat mengumpulkan darah untuk pelayanan darah yang lebih optimal.

“Sehingga permintaan darah di Kota Bitung sebanyak 200 kantong per bulan bisa terpenuhi,” pungkasnya.(kys)