Ini Kecanggihan Pesawat Sukhoi yang Akan Beraksi di Manado Fiesta 2019

Reporter : | 16 Jun, 2019 - 2:56 pm WITA

Sukhoi Su-27 (foto: wikipedia)

Sukhoi Su-27 (foto: wikipedia)

MANADO, (manadotoday.co.id) – Jika tidak ada aral melintang, pesawat Sukhoi milik TNI Angkatan Udara Indonesia akan didatangkan pada pelaksanaan Manado Fiesta 2019 pada 27 Juli – 4 Agustus nanti. Ini sekilas kehebatan pesawat super canggih tersebut.

Pesawat tempur ini merupakan buatan Rusia, Indonesia saat telah memiliki Sukhoi tipe Su-27, dengan yang lebih baru dan lebih canggih tipe Su-35, akan didatangkan pada tahun 2019 ini.

Sukhoi Su-27 adalah pesawat interseptor dan pesawat tempur superioritas udara jarak jauh. Pesawati ini mempunyai manuverabilitas hebat, merupakan salah satu pesawat terbaik yang pernah dibuat.

Desain aerodinamisasi dasar dari Su-27 sangat lebar jika dibandingkan pesawat tempur sejenis, sehingga untuk meringankan beratnya, banyak menggunakan material titanium (sekitar 30%).

Space yang cukup besar juga disediakan untuk mesin Turbofan Lyulka AL-31F karena alasan keamanan dan menjamin aliran udara agar tidak terputus pada bukaan udara masuk. Ruangan yang tercipta di antara dua buah mesin juga menyediakan daya angkat tambahan sehingga mengurangi beban sayap. Saluran penuntun yang bisa digerakan pada bukaan udara masuk memungkinkan pesawat mencapai kecepatan Mach 2+, dan membantu menjaga aliran udara mesin pada saat sudut alfa tinggi.

Su-27 dipersenjatai dengan sebuah kanon Gryazev-Shipunov GSh-30-1 kaliber 30 mm di pangkal sayapnya, dan mempunyai 10 cantelan senjata untuk tempat rudal dan senjata lainnya. Standar persenjataan rudal untuk pertempuran udara ke udara adalah campuran dari rudal Vympel R-73 (AA-11 Archer) dan rudal Vympel R-27 (AA-10 ‘Alamo’).

Senjata terakhir mempunyai versi jarak tempuh yang diperjauh dan model kendali inframerah. Varian Flanker yang lebih canggih seperti SU-30, SU-35, dan SU-37 juga bisa membawa rudal Vympel R-77 (AA-12 Adder).(ryan)

Baca Juga :

Leave a comment