Dinas Pertanian Kabupaten Mitra Segera Evaluasi Kelompok Tani

Dinas Pertanian Kabupaten Mitra Segera Efaluasi Kelompok TaniRATAHAN, (manadotoday­.co.id ) -Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) terus menggenjot kelompok tani yang ada di Mitra.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mitra Ir Elly Sangian menuturkan, dalam menunjang kegiatan para petani tersebut, minggu ini pihaknya bakal melaukan evaluasi terhadap kelompok tani

“Ya, saat ini kita masih fokus pada petani yang sudah ada, jadi mengevaluasi semua pekerjaan mereka,” kata Sangian, Senin (10/6) kemarin.

Lanjut kata dia, evaluasi ini bertujuan mengetahui kualitas pekerjaan dari para kelompok tani.

“Hal ini bermaksud supaya kita bisa mengetahui progresnya sudah sejauh mana,” katanya.

Selain itu, dia mengungkapkan pihaknya masih merampungkan hasil verifikasi terhadap 811 kelompok tani yang akan mendapatkan bantauan dari pemerintah.

“Pekan lalu kita telah melakukan verifikasi 811 kelompok tani, mereka ini bakal mendapatkan bantuan untuk tahun anggaran 2019 ini. Namun sementara masih dalam perampungan data per kelompok,” tuturnya.

Sambung dia, verifikasi yang dilakukan tak sebatas pada proposal yang diajukan setiap kelompok tani kepada pihaknya.

“Yang kami verifikasi bukan hanya proposal permohonan bantuan, tapi juga status keanggotaan setiap kelompok, lahan yang akan diolah juga harus jelas. Makanya kita butuh waktu untuk merangkum kelompok tani, sementara pegawai kita juga terbatas,” ujarnya.

Sementara besaran lahan kelompok tani, dia menjelaskan, untuk tanaman Monokulture yaitu tanaman Jagung 7.500 hektare, Padi Ladang 1.250 hektare, Padi Sawah 500 hektare, Kacang Tanah 20 hektare.

“Serta tanaman Tumpang Sari yaitu jagung-kedelai 1.500 hektare, padi-jagung 4.000 hektare, padi-kedelai 1.000 hektare,” jelasnya (ten)