Irup Hari Lahir Pancasila ke-74, Bupati ROR: Pancasila Mampu Satukan Kita Sebagai Bangsa

Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila ke 74. Bupati RORTONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Ir Royeke O Roring M.Si (ROR) menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-74 Kabupaten Minahasa Tahun 2019 yang digelar di halaman kantor bupati, Sabtu (1/6/2019).

Sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia yang disampaikan oleh Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, M.Si, mengatakan, Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam negara kesatuan Republik Indonesia. Sebagaimana yang sudah kita ketahui semua bahwa kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan tanah air Indonesia.

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai nilai pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat pancasila. Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Berkat pancasila yang berkelindan dengan nilai nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun, keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan selogan “Bhineka Tunggal Ika ,” urai Bupati.

Sesuai pesan Presiden Jokowi bahwa dalam memperingati dan merayakan Hari Kelahiran Pancasila merupakan suatu keniscayaan. Pertama kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai nilai fundemental bangsa Indonesia sebagai dasar Negara sehingga Bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu Bangsa.

“Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan “Piagam Jakarta” oleh “Panitia Kecil” tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam pembukaan UUD 1945 oleh panitia persiapan kemerdekaan indonesia (PPKI) tanggal 18 agustus 1945. Jadi tiga peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan , ” tutur Roring.

Dengan demikian, kita harapkan perdebatan tentang kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan lagi. Yang diperlukan mulai saat ini adalah bagaimana kita semua mengamalkan dan mengamankan Pancasila secara simultan dan terus menerus. Kedua, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai “leitstars dinamis”, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan.

” Kita Indonesia Kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri, optimis dan penuh harapan dalam menatap masa depan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur. Mari kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam Keadilan , ” ungkap Bupati.

Bupati menambahkan, kita bersyukur karena pemilihan umum sudah terlaksana, kita memberikan apresiasi kepada KPU, Bawaslu, Panwaslu, PPK sampai kepada petugas KPPS juga Kapolres Minahasa, Dandim 1302 Minahasa, Kajari Minahasa bersama seluruh jajaran yang ada karena sudah melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Kepada saudara-saudaraku umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa yang sebentar lagi akan merayakan Hari Idul Fitri yang adalah Hari Kemenangan, selamat menyongsong Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.”katanya.

Dia juga bersyukur oleh karena berkat tuntunan Tuhan, Kabupaten Minahasa boleh mendapat opini WTP dari BPK RI atas Pengelolaan Keuangan Tahun 2018, ini merupakan WTP yang ke-5.

“Kiranya momentum Opini WTP ini dapat menjadi momentum kita untuk menkoreksi diri lebih disiplin dan lebih teliti lagi dalam pengelolaan keuangan dan aset-aset daerah , ” papar Bupati.

Kedepannya setiap 3 bulan akan diadakan rekon untuk seluruh Kepala SKPD, kepala sekolah, kepala RSUD dan pihak pengelola keuangan dan pengelola kegiatan. Dia juga mengapresiasi kepala RSUD Dr. Sam Ratulangi Tondano beserta jajarannya yang sudah mendapat akreditasi, ini merupakan pemicu dalam peningkatan performance dan pelayanan kepada masyarakat.

“Kepada kita semua yang akan memasuki hari libur panjang, marilah kita tinggalkan kantor kita dengan menjaga keamanan listrik agar tidak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan seperti kebakaran, bukan hanya di kantor tetapi juga di rumah mari kita terus waspada mencegah terjadinya kebakaran. Saya ingin menegaskan juga kepada seluruh ASN untuk wajib hadir dalam Apel Awal bulan Juni pada tanggal 10 Juni 2019 karena daftar hadir akan dikirim di pusat di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia , ” tutup Bupati. (rom)