Komandan Kodim 1302/Min Bacakan Sambutan Kepala BPIP di Peringatan Hari Lahir Pancasila

Komandan Kodim 1302Min Bacakan Sambutan Kepala BPIP di Peringatan Hari Lahir Pancasila.TONDANO, (manadotoday.co.id) – Komandan Kodim 1302/Min Letkol Inf Slamet Raharjo S.Sos, M,Si bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Hari Lahir Pancasila yang didelar di halaman Makodim 1302/Min, Tondano Utara, Sabtu (01/06/2019).

Pengibaran bendera Merah Putih pada upacara ini dilakukan  oleh Sertu Noldi Timbuleng, Serda Doni Daena dan Serda Melky Kaunang, sedangkan yang bertugas membacakan Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 dipercayakan kepada Serka Rahmat Samasae yang kesemuanya merupakan anggota Koramil 1302-07/Tobariri.

“Pada hari ini, Sabtu, 1 Juni 2019, kita patut panjatkan puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena kita dapat berkumpul dan mengadakan upacara untuk memperingati hari Kelahiran Pancasila. Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.” ungkap Komandan Kodim 1302/Min membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI.

Sebagaimana kita ketahui, kondisi Geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan “Tanah Air Indonesia”, kesatuan gugusan pulau yang berada diantara dua samudra Pasifik dan Hindia, serta diantara dua benua Asia dan Australia, meneguhkan bahwa kita sebagai bangsa memiliki ruang hidup Tanah Air sebagai satu kesatuan, ada relasi dan perpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan sebagaimana dalam konsep Wawasan Nusantara.

“Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber Inspirasi “Politik Harapan ” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan Masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila,” tandasnya.

Turut hadir dalam pelaksanaan upacara tersebut antara lain, Kasdim 1302/Min Mayor Inf Feky Welang, para perwira, staf, danramil jajaran Kodim 1302/Min, serta seluruh anggota Kodim mulai Koramil 1302-01/Tondano hingga Koramil 1302-19/Modoinding.(rom)

Add Comment