Diseminarkan, Wanua Woloan Ditetapkan Berusia 881 Tahun

Reporter : | 28 Mei, 2019 - 9:02 pm WITA

TOMOHON, (manadotoday.co.id)–Upaya untuk mengetahui asal-usul dan usia Wanua Woloan akhirnya terjawab. Dalam Seminar dan lokakarya yang dilaksanakan Senin (27/5/2019) di Amphitheater Woloan Satu Utara, ditetapkan tanggal terbentuk Woloan yakni 9 Agustus 1238 dan tahun ini menginjak 881 tahun.

Suasana Seminar  dan Lokakarya Wanua Woloan

Suasana Seminar
dan Lokakarya Wanua Woloan

Seminar dan lokakarya yang dipimpin
Antropolog Dr Richard Renwarin, dihadiri 4 lurah di Woloan Raya, Camat Tomohon Barat Drs Laurensius Kawuwung, utusan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah, para budayawan serta tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemerhati di Woloan Raya. seluruhnya berjumlah 205 orang.

Tim perumus terdiri dari Dr Ruty Kapoh MPd, Pdt Ridel Gosal MTh MPdK,Dra Thelma Wengkang MPd. Sebagai moderator Drs Thomas Senduk MPd.

Kegiatan di Amphitheater

Kegiatan di Amphitheater

Ketua Panitia Pelaksana Rosevelty Kapoh SH didampingi sekretaris Armando Loho MKom mengatakan, usai ditetapkan Hari Jadi Wanua Woloan, akan dilakukan berbagai kegiatan seperti Festival Seni Budaya.

”Akan ada kegiatan Meresi Umbanua, pergelaran seni maengket, majzani dan kabasaran,membunyikan tetengkoren serentak di kurang lebih tiga ribu rumah di Woloan Raya selama lima belas menit sebagai lambang berdirinya Tingku Lengdeng,” ujar Kapoh.

Yang menghebohkan juga lanjut Kapoh, akan dilaksanakan makan bersama di daun secara bersama diikuti sepuluh ribu orang. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment