Bentuk Forum Anak Kota, Kadis Esther: Saatnya Anak-anak Berperan Dalam Pembangunan

Reporter : | 27 Mei, 2019 - 1:41 am WITA

Kepala DP3A Kota Manado Esther Mamangkey

Kepala DP3A Kota Manado Esther Mamangkey

MANADO, (manadotoday.co.id) – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Esther Mamangkey mengatakan, salah satu fungsi Forum Anak Kota sebagai wadah untuk menampung aspirasi dan pendapat, harus dimanfaatkan dengan baik.

“Jangan takut memberikan saran atau bahkan kritik positif kepada pemerintah terkait pemenuhan hak anak, ini saatnya anak-anak diberikan peran lebih dalam pembangunan, karena mereka adalah calon-calon penerus cita-cita bangsa,”kata Mamangkey disela-sela pelantikan Forum Anak Kota Manado periode 2019-2021, Sabtu (25/5/2019).

Menurut dia, wadah ini harus mampu menjawab masalah-masalah yang selama ini dialami oleh anak-anak di Kota Manado.

“Contohnya tindak kekerasan, lewat wadah ini kita bisa mengindentifikasi hal-hal yang bisa memicu tindak kekerasan kepada anak, serta menanggulangi permasalahannya, pada akhirnya jumlah tindak kekerasan bisa ditekan bahkan dicegah. Yang pasti mereka ini tidak bekerja sendiri, Pemkot Manado melalui Dinas DP3A akan mendukung Forum Anak Kota dalam rangka memenuhi hak-hak anak”jelas dia.

Dia juga berharap wadah ini mampu mendorong anak untuk lebih aktif mengembangkan diri sesuai dengan potensi, minat dan kemampuan mereka masing-masing.

“Ketika minat mereka tersalurkan, mereka tidak akan terjun ke hal-hal negatif, dengan begitu sumber daya manusia (SDM) akan meningkat, membuat mereka jadi generasi penerus bangsa yang cerdas. Mari sama-sama kita lindungi anak-anak yang merupakan masa depan bangsa,”tukas Kepala DP3A Kota Manado Esther Mamangkey.(ryan)

Baca Juga :

Leave a comment