Ditangan Bupati James Sumendap Mitra Alami Kemajutan Pesat! Wakil Gubernur Berikan Apresiasi

Ditangan Bupati James Sumendap Mitra Alami Kemajutan Pesat! Wakil Gubernur Berikan Apresiasi
Ditangan Bupati James Sumendap Mitra Alami Kemajutan Pesat! Wakil Gubernur Berikan Apresiasi

KABUPATEN Minahasa Tenggara (Mitra) tepat hari ini menginjak usia 12 tahun. Beragam persoalan manis-pahit pun sudah dilalui daerah Patokan Esa (Pasan, Tonsawang Ponosakan, Red) ini.

Ditangan Bupati James Sumendap, Mitra Mengalami Kemajutan PesatMeski begitu, tak bisa dibantah, Minahasa Tenggara terus mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam semua bidang.

Setelah terbentuk awal menjadi daerah otonom, pembangunan beberapa sektor sempat tersendat di awal usai berpisah dari wilayah Minahasa Selatan (Minsel) 2007 silam sebagai kabupaten induknya. Bahkan hingga beberapa tahun berjalanan, untuk pengelolaan keuangan di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mitra masih menjadi Pekerjaan Rumah (PR) yang sangat rumit. Dimana dalam setiap pemeriksaan BPK (hingga 2013) Kabupaten Mitra tak mampu keluar dari penilaian opini disclamer.

Ditangan Bupati James Sumendap, Mitra Mengalami Kemajutan Pesat9Namun seiring berjalanannya waktu hal tersebut mulai berubah. Kabupaten Mitra perlahan mulai menunjukan perubahan, terlebih semenjak kepemimpinan Bupati James Sumendap SH, yang dimulai 2013 lalu. Pembenahan besar-besaran pun dilakukan.

Ditangan Bupati James Sumendap, Mitra Mengalami Kemajutan Pesat5Mulai pengelolaan keuangan, pembangunan infrastruktur, pendidikan, pertanian, pariwisata perikanan semuanya digenjot.

Sejumlah program pro rakyat pun diterapkannya guna penopang pembangunan Kabupaten Mitra. Alhasil, tingkat kesejateraan masyarakat terus meningkat. Sejumlah sektor pun jadi unggulan, bahkan ada yang melebihi diatas capaian daerah lain di Sulut.

Ide besar bupati yang biasa disapa JS pun terus dilaksanakan dari tahun ke tahun. Selain diarahkan untuk pembangunan sejumlah infrastrukutur, juga menyasar pada peningkatan kesejahteraan, serta meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

Ditangan Bupati James Sumendap, Mitra Mengalami Kemajutan Pesat2Mitra Menuju Era Informasi dan Teknologi Digital

Adapun menginjak usia ke 12 ini, tema yang diangkat, yakni “Mitra Menuju Era Informasi dan Teknologi”. Hal ini digaungkan Pemerintah Kabupaten Mitra di momentum HUT ke 12, tahun 2019 ini.

Lantas tema tersebut seakan layak dan pantas dikarenakan, di Kabupaten Mitra sendiri sejak awal 2018 ini sudah terlebih dahulu menerapkan sistem e-kinerja, e-budgeting dan e-planning.

Ditangan Bupati James Sumendap, Mitra Mengalami Kemajutan Pesat1“Setiap minggu laporan harian baik pembangunan ataupun keuangan harus dipaparkan ditiap papan SKPD, Setda, Setwan, Sekolah dan desa. Jadi dengan begitu jika ada laporan masyarakat bisa langsung disampaikan ke inspektorat. Selanjutnya inspektorat wajib menindaklanjuti dalam waktu 24 jam,” jelas Bupati Mitra James Sumendap SH, menambahkan untuk dandes dan dana Bos wajib dilaporkan setiap pekan di rumah Ibadah, baik gereja ataupun mesjid.

Tak hanya sampai di situ, bahkan seluruh program pemkab ini, lanjut bupati dipastikan dipantau langsung ke link KPK dan kejaksaan serta kepolisian.

Ditangan Bupati James Sumendap, Mitra Mengalami Kemajutan Pesat6“Ini dalam rangka good governance dan clean governance. Serta semuanya wajib sesuai aturan,” tambah bupati yang berhasil membawa Mitra meraih opini WTP dalam tiga tahun terakhir.

Di sisi lain, beragam terobosan yang diraih Pemkab Mitra, melalui tangan dingin dan otak cerdas JS, mendapatkan apresiasi Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw.

Ditangan Bupati James Sumendap, Mitra Mengalami Kemajutan Pesat3Menurutnya, apa yang dilakukan bupati untuk transparansi dan akuntabilitas pengelolaan pemerintahan dan pengelolaan keuangan, menjadi contoh bagi daerah lain di Sulut.

“Mitra menjadi pilot projec pelaksanaan e-planing, e-kinerja, e-budjetting, dan transparansi pengelolaan keuangan. Ini harus menjadi contoh dan memang harus di contohi kabupaten kota lainnya di Sulut,” papar Kandouw, disela-sela perayaan HUT Mitra ke 12, Kamis, (23/5).

Ditangan Bupati James Sumendap, Mitra Mengalami Kemajutan Pesat7Mantan Ketua DPRD Sulut ini, menambahkan, prestasi Mitra meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tiga kali berturut-turut turut memberikan hasil penilaian bagi Provinsi Sulut.

“Jadi kalau daerah penilaian keuangan baik, maka ini akan berdampak di penilaian provinsi. Makanya terima kasih atas kontribusi Mitra untuk Sulut,” tandas Kandouw.

Ditangan Bupati James Sumendap, Mitra Mengalami Kemajutan Pesat8Dia juga menyatakan, Mitra masuk 3 besar terbaik untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sulut.

“Dalam penilaian kami, Mitra menjadi 3 besar terbaik di Sulut atas pertumbuhan IPM. Dan indikator IPM, yakni insfrasttuktur dan tingkat kelayakan hidup masyarakat, dan Mitra sukses dalam membangun indikator ini. Infrastruktur dan kelayakan hidup di daerah Mitra sangat baik, hingga IPM sangat baik. Untuk itu kami salut dan bangga pada bupati,” pungkas Kandouw. (Advetorial)