Urai Kemacetan di Kota Manado, Ini Solusi Wali Kota GSVL

Reporter : | 22 Mei, 2019 - 4:55 am WITA

Wali Kota G.S Vicky Lumentut

MANADO, (manadotoday.co.id) – Semakin bertambahnya jumlah kendaraan yang menyebabkan kemacetan lalu lintas di Kota Manado, menjadi tugas khusus yang harus diselesaikan oleh Wali Kota G.S Vicky Lumentut dan Wakil Wali Kota Mor Bastiaan beserta jajarannya.

Berbagai solusi telah dibahas, termasuk rencana pembangunan jalan layang. Namun menurut wali kota, opsi tersebut kurang efektif jika diterapkan.

“Jika di jalan Sam Ratulangi kita buat jalan layang, akan terbagi kendaraan di atas dan di bawah, tapi dengan seiring berjalannya waktu kendaraan terus bertambah hasilnya akan sama saja, atas dan bawah akan sama-sama padat,”urai wali kota saat menjadi pembicara dalam seminar ilmiah di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Manado, Selasa (21/5/2019).

Untuk solusi jangka pendek paling efektif yang bisa diterapkan di Kota Manado menurut dia, adalah membuka ring road (jalan lingkar) untuk disambungkan dengan yang sudah ada sekarang.

“Yang ada sekarang adalah Kairagi ke Bailang, dan Winangun ke Tateli yang masih perlu dibuka. Kalau ini sudah dibuka, semua yang dari Selatan entah dia mau ke Tomohon ke Bitung atau bandara, mereka bisa melintasi jalan lingkar, tidak perlu lagi masuk ke kota, pada akhirnya kendaraan yang masuk ke Manado akan berkurang,”paparnya.

Selain itu, salah satu penyebab utama kemacetan menurut dia, masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk taat berlalu lintas.

“Banyak kendaraan yang terbiasa berhenti sembarangan, juga banyak yang parkir tidak pada tempatnya, ini yang harus masyarakat kita rubah. Dan memang, banyak masalah terkait ini yang harus kita bicarakan dan kita akan bersama-sama carikan solusinya,”kata Wali Kota G.S Vicky Lumentut.(ryan)

Baca Juga :

Leave a comment