Seriusi Jalur Pelayaran Cargo, Konjen Filipina Sambangi Bitung

3c9b8f781960628a82609889d437f291.0BITUNG, (manadotoday.co.id) – Konjen Filipina Oscar G. Orcine serta para stakeholder dan Delegasi, mengunjungi Kota Bitung yang disambut Walikota Bitung Max J Lomban SE MSi, di Rumah Jabatan Walikota, Kamis (16/5/2019).

Tujuan pertemuan tersebut kata Lomban, yaitu untuk membahas hal-hal teknis terkait pelayanan kapal kargo yang akan melewati rute Davao-General Santos-Bitung.

Dalam pertemuan tersebut dibahas juga mengenai peluang pelayanan jasa yang ada, seperti kargo, jadwal pelayaran, tarif, biaya, dan lainnya.

“Selain itu pertemuan kali ini untuk membahas peluang baru yang sekiranya bisa dibuka untuk jalur pelayaran dalam rangka kerjasama Indonesia-Philipina-Vietnam-China-Malaysia-Jepang-Korea, bidang perdagangan, serta memberikan informasi terkait berbagai pelayanan terkait sistem import eksport di Kota Bitung,” ungkap Lomban.

Orcine menyampaikan, perjalanan Bitung ke Philipina yang ada saat ini bisa memakan waktu 3 sampai 4 hari.

“Dan yang ingin kami capai adalah perjalanan tersebut hanya 1 setengah hari saja, serta pelayanan yang berkelanjutan dan memiliki konektifitas dengan negara negara sekitar yang bisa dicapai,” tuturnya.

Lanjutnya, berharap dengan terbukannya jalur kerjasama ini dapat mempermudah perdagangan baik dari dalam maupun ke luar negeri.

“Bukan saja terbatas Indonesia-Philipina saja tetapi ke seluruh dunia,” tambahnya.

Sementara itu, Lomban mengatakan bahwa pemerintah Indonesia akan memberikan kemudahan dalam rangka membuka peluang-peluang investasi, dalam rangka menghasilkan keuntungan bagi kedua belah pihak tanpa menyampingkan keamanannya.

“Peluang ini sudah pernah ada tetapi terhambat pada kewenangan dan aturan yang belum sama, saat ini Pemerintah Kota Bitung akan mempermudah seluruh proses perijinan dan persyaratan agar kerjasama ini dapat berjalan dengan baik,” ucapnya.(kys)