Bupati JS Warning SKPD yang Minta Sejumlah Uang Untuk HUT ke-12 Kabupaten Mitra

James Sumendap: Anggaran HUT ke-12 Kabupaten Mitra Telah Ditatah di APBD

 HUT ke-12 Kabupaten Mitra, pungli minahasa tenggara, james sumendap
James Sumendap

RATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Menjelang pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) ke-12 yang akan digelar pada 23 Mei mendatang, Bupati James Sumendap SH (JS), warning pejabat pemkab agar tidak memunggut biaya dalam bentuk apapun.

Pernyataan tegas Bupati JS Ini dikatakan lewat pesan singkat WhatsApp, Kamis (16/5/2019).

“Saya minta semua pungutan dalam bentuk apapun terkait HUT Mitra dikembalikan,”tegas JS.

Dikatakannya pula, anggaran HUT Kabupaten Mitra ini sudah ditata dalam APBD.

“Anggaran HUT Mitra ini sudah ditata dalam APBD,” kata Bupati.

Sementara menindak lanjuti himbauan Bupati JS, Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Mitra Franky Wowor S.Sos membantah jika ada arahan untuk menagih dana penunjang HUT Mitra ke ASN dan THL.

“Memang tidak ada tuntukan atau pungutan, setahu kami untuk kegiatan HUT Mitra sudah dianggarkan, dan saya sudah mengecek ke dinas-dinas terkait kebenarannya,dan tidak ditemui,” kata Wowor yang juga merupakan Plt Kepala Dinas Sosial.

Pernyataan yang sama dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Bernard Mokosandip saat dikonformasi wartawan.

“Tidak ada THL di Dinas Perhubungan yang dimintai dana untuk HUT ini seperti yang diberitakan,”pungkas­nya.

Terkait hal tersebut, Ketua LSM Gemma Mitra Vidi Ngantung mempertanyakan kinerja tim Satgas Saber Pungli, pasalnya, dugaan ada SKPD minta uang dalam mensukseskan HUT ke-12 Kabupaten Mitra sudah melanggar dan itu suda termasuk pungli, namun belum ada tindak lanjut dari tim tersebut.

“sejak dilantik hingga saat ini Satgas Saiber Pungli dinilai belum menunjukkan taring untuk memberantas pungli di Mitra. Untuk itu dengan adanya dugaan pungli di Dinas Perhubungan, saya berharap tim Saiber Pungli segera menelusurinya,”ujar Vidi.

Sementara Kepala Inpektorat Mitra David Lalandoa AP.MM yang merupakan tim Satgas Saiber Pungli, menyampiakan akan segera telusuri secara serius dugaan pungli di SKPD, bahkan sampai penggunaan dana kepanitiaan termasuk sumber penandanaanya yang berbentuk sumbangan akan periksa.

“Kami segera menindaklanjuti dugaan pungli tesebut, mulai dari penandanaannya sampaikan berbentuk sumbangan kami akan telusuri,”tandas David.(ten)

Add Comment