Bagian Pemerintahan dan Humas Kota Manado Gelar Bimtek Penyusunan LPPD

Bagian Pemerintahan dan Humas Kota Manado Gelar Bimtek Penyusunan LPPD
Bagian Pemerintahan dan Humas Kota Manado Gelar Bimtek Penyusunan LPPD

MANADO, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui Bagian Pemerintahan dan Humas, menggelar kegiatan bimbingan teknis (bimtek) review terhadap laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah (LPPD) tahun 2019, bertempat di Best Western Hotel, Rabu (8/5/2019).

Sekretaris Daerah Kota Manado Micler Lakat mengatakan, kegiatan bimtek ini sangat penting dilakukan agar setiap perangkat daerah paham dan tahu cara menyusun LPPD yang merupakan ‘wajah’ Kota Manado.

“Apalagi bulan Juni nanti tim dari Kemendagri sudah akan melakukan evaluasi, karna itu dimintakan keseriusan dari semua perangkat daerah dalam mengikuti bimtek ini, karena banyak dokumen yang akan diminta saat evaluasi nanti, bukan hanya ranperda dan penghargaan, tapi juga temuan-temuan yang sudah ditindaklanjuti oleh perangkat daerah atau pemerintah kota,”kata Sekda Micler Lakat, didampingi Kabag┬áBagian Pemerintahan dan Humas Sonny Takumansang.

Lanjutnya, tim dari Kemendagri menilai 103 kota di seluruh Indonesia, dan Kota Manado pada level nasional berada pada ranking ke-52, dan di regional Sulawesi Utara berada di posisi kedua.

“Kita harus berupaya menaikkan ranking nasional kita, salah satu caranya dengan membangun koordinasi antar perangkat daerah terkait data valid yang harus mereka masukkan saat evaluasi nanti, itu sebabnya hari ini dilakukan bimtek,”tanda Sekda Lakat.

Sementara itu, Kabag Humas dan Pemerintahan Sonny Takumansang berharap keseriusan dan kerja sama dari seluruh perangkat daerah agar ranking LPPD Kota Manado bisa naik.

“Seluruh perangkat daerah perlu mendukung ini secara maksimal, terutama perangkat daerah yang melakukan pelayanan dasar, agar nanti dalam penyusunan LPPD tidak ada kendala,”kata Takumansang.

Hadir sebagai pemateri pada kegiatan bimtek tersebut, Kepala Seksi Evaluai Kinerja Wilayah I Direktorat EKPKD, Parlin Jumanti Siahaan, SE, M.Si.(ryan)

Add Comment