Jalin Kerjasama Beasiswa, 10 Mahasiswa Minahasa Bakal Dikirim Studi ke China

PT. Conch Cement Indonesia,Beasiswa China, roy roringTONDANO, (manadotoday.co.id) -Usai rapat paripurna penetapan RPJMD Tahun 2008-2028, Bupati Ir. Royke Octavian Roring, MSi menandatangani Perjanjian Kerja Sama tiga pihak antara sekolah di Indonesia dengan perusahaan China di Indonesia dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa tentang program pelatihan bakat terampil. Hal tersebut dilakukan terkait tawaran Pemkab Minahasa kepada salah satu investor asal China, PT. Conch Cement Indonesia untuk berinvestasi di Minahasa.

Dikatakan Bupati, anak-anak yang diberi beasiswa studi D3 dan S1 di China dan setelah selesai mereka diberi kesempatan magang di perusahaan yang menjalin kerjasama dengan Pemkab Minahasa tersebut.

“Untuk tahap pertama ini 10 calon mahasiswa D3 dan 10 S1 yang akan kita kirim ke Universitas Suzhou China,” tambah Bupati.

Terkait seleksi, kata Bupati akan dilakukan kemungkinan di Bulan Juni dengan melibatkan tim dari Universitas Suzhou, Dinas Pendidikan Minahasa dan juga tim independen. Untuk pembiayaan dalam program yang sebelumnya sudah dirintis Gubernur Olly Dondokambey ini, akan ada sharing dari Pemkab sebesar Rp 10 juta tiap mahahasiswa S1 dan Rp 5 juta untuk mahasiswa D3 per tahun, selebihnya ditanggung investor.

“Saya mengajak masyarakat Minahasa bersyukur karena diikutkan dalam program tersebut, dimana tentunya ke depan program ini dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Minahasa, ” tukas Bupati.(rom)