Wali Kota Tomohon Dorong Perangkat Daerah Maksimalkan Penyerapan Anggaran

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA  saat membuka Rakorev
Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA saat membuka Rakorev

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA meminta kepada perangkat daerah untuk memaksimalkan penyerapan anggaran sesuai perencanaan pembangunan.

Hal itu dikatakan wali kota dalam Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) keuangan Triwulan I SElasa (7/5/2019) di Rumah Dinas Wali Kota.

Rakorev ini kata Eman, sangat penting guna mensinergikan upaya kerja dalam pelaksanaan pemerintahan khususnya pada urusan pengelolaan keuangan daerah di Kota Tomohon.

Sekaligus mengevaluasi capaiannya karena pengelolaan keuangan daerah dapat berhasil ketika seluruh perangkat daerah menjalankan fungsinya dengan baik.

Para pejabat saat mengikuti Rakorev
Para pejabat saat mengikuti Rakorev

‘’Ya, untuk merealisaiskan program kegiatan, tentunya butuh anggaran. Jika kegiatan aktif dilaksanakan, tentunya penyerapan anggaran akan maksimal,’’ ujar wali kota.

Di sisi lain, Eman meminta perangkat daerah yang memiliki target untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Salah satunya menjadi contoh dalam membayar pajak agar masyarakat juga ikut aktif membayar pajak.

Sementara Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Tomohon Drs Gerardus Mogi mengatakan, Rakorev ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja instansi pemerintah dan kualitas pelayanan publik. ‘’Ya, perlu ada koordinasi antar perangkat daerah dalam pengelolaan keuangan daerah yang bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektivitas dan efesiensi pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan daerah,’’ jelas Mogi.

Dalam rapat tersebut Sekretaris Kota Tomohon Ir Harold Lolowang MSc ikut menyampaiakn materi. Tururt hadir Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan, Kasat Reskrim Polres Tomohon  AKP Ikhwan Syukri SH SIK mewakili Kapolres yang juga menjadi narasumber, Kasubsi Pertimbangan Hukum Kejari Tomohon Helena Yuniwasti SH MHum mewakili Kajari dan unsur Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Sulut serta jajaran Pemkot Tomohon. (ark)

 

Add Comment