Manado Absen, 8 Daerah Pastikan Ikut Liga Pelajar U-16 Piala Menpora di Sulut

 Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Sulut Chres Sondakh bersama ibu Carla Montong saat membuka Sosialisasi LPU 16 Piala Menpora 2019 di Dispora Sulut, Jumat (3/5).
Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Sulut Chres Sondakh bersama ibu Carla Montong saat membuka Sosialisasi LPU 16 Piala Menpora 2019 di Dispora Sulut, Jumat (3/5)

MANADO, (manadotoday.co.id) – Delapan daerah memastikan ambil bagian di Liga Berjenjang U-16 Piala Menpora 2019. Dari 8 daerah, Manado sebagai ibukota Sulut belum memastikan ikut serta.

“Harapan kami sepakbola berjenjang khususnya U-16 bisa melahirkan bibit pemain yang bisa berprestasi di kemudian hari. Karenannya pembudayaan olahraga sepakbola sejak usia muda harus kita dukung bersama,” kata Kadispora Sulut yang diwakili Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Sulut Chres Sondakh saat membuka sosialisasi U-16 Piala Menpora digelar di Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulut, Jumat (3/5).

Diketahui, event yang adalah hajatan Kemenpora ini telah memasuki tahun keempat pelaksanaan. Dan diikuti sekitar 32 provinsi seluruh Indonesia. Dan, Sulut ikut aktif menggelarnya sejak 2016.

” Untuk itu, peran Dispora kabupaten dan kota sangat diharapkan untuk ikut mendukung kegiatan nasional dari Kemenpora,” kata Kadis.

7 daerah dalam sosialisasi tersebut menyepakati bahwa untuk seri regional kabupaten dan kota di Sulawesi Utara baru akan digelar Juni setelah lebaran. Satu daerah yaitu Minahasa Tenggara akan lebih awal menggelarnya pada 11 Mei 2019.

Tercatat ada sekitar 4 Kepala Dinas Kabupaten masing-masing Bolsel Marwan Makalalag, Boltim Safrudin Mokoagouw, Bolmut Halifaks Olii, mengapresiasi kegiatan ini dan siap menindaklanjuti sosialisasi dari provinsi.
Hanya saja Kota Manado absen dalam sosialisasi tersebut. Belum ada informasi apakah tetap akan ikut atau tidak.

“Kami mendukung penuh apalagi keluarnya Instruksi Presiden no 3 tahun 2018 tentang kepedulian kementerian terhadap se pakbola harus kita jalankan,” kata Kadispora Kots Tomohon Fentje Karundeng.

Untuk lokasi final seri provinsi Sulut sangat mungkin digelar di Stadion Babe Palar Kota Tomohon.

“Namun, alternatifnya adalah Stadion Lapian-Taulu Kawangkoan, Minahasa,” ujar koordinator provinsi Sulut Ram Makagiansar.

Agendanya, akhir Juli sudah masuk babak penentuan mencari siapa wakil Sulut di putaran final nasional. Nasional sendiri akan digelar antara Agustus hingga September 2019.(ram)

Add Comment