Lomban Hadiri Peringatan Hari Buruh Internasional

Hari Buruh Internasional, buruh bitung, Max J Lomban BITUNG, (manadotoday.co.id) – Walikota Bitung Max J Lomban SE MSi didampingi Ketua TP-PKK Dra Khouni Lomban Rawung MSi, menghadiri Peringatan Hari Buruh Internasional 2019, yang digelar di Lapangan Kantor Walikota Bitung, Rabu (2/5/2019).

Dalam sambutannya Lomban mengatakan, atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung mengucapkan selamat memperingati Hari Buruh Internasional 2019 yang mengusung tema ‘May Day Together We Grow’ atau bertumbuh bersama.

“Terimakasih untuk seluruh pimpinan perusahan Apindo Kota Bitung, serikat pekerja, serikat buruh pengurus mulai dari tingkat dewan pimpinan wilayah, dewan pimpinan cabang, sampai ketingkat unit kerja, para pekerja atau karyawan dari berbagai sektor industri di Kota Bitung, bahkan masyarakat yang hadir pada saat ini,” ujarnya.

Lanjutnya, 1 Mei ditetapkan sebagai hari perjuangan pekerja sedunia, karena mereka terinpirasi oleh kesuksesan aksi buruh di Kanada pada tahun 1872 ketika itu, para buruh menuntut 8 jam kerja seperti buruh yang ada di Amerika dan mereka berhasil dengan tuntutan yang mereka lakukan. Mengkilas balik sejarah hari buru di Indonesia yang pertama kali diperingati pada Tahun 1920.

“Olehnya pada momentum ini saya memberikan apresiasi kepada pelaksana yaitu lembaga kerjasama Tripartit Kota Bitung didalamnya ada unsur pemerintah, unsur organisasi pengusaha atau Apindo dan unsur serikat pekerja atau buruh yang sudah berupaya melaksanakan berbagai aksi sosial melalui kegiatan donor darah, pasar murah, dan sosialisasi dari BPJS Ketenagakerjaan bagi para pekerja dengan semangat sportivitas dan produktifitas tinggi, untuk meningkatkan sinergitas tinggi bagi para pekerja/ buruh, pengusaha dan pemerintah, memperkuat kebersamaan, dan meningkatkan ketahanan sosial untuk para perja atau buruh,” katanya.

Lomban berharap semua kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat sebesar- besarnya untuk para pekerja atau buruh yang ada di Kota Bitung.

Turut hadir PLH Sekretaris Kota Bitung Yoke F Senduk SH MSi, Asisten II Drs Jeffry Wowiling MSi dan jajaran PD, pihak BPJS Ketenagakerjaan Kota Bitung bersama jajaran, pengusaha dan pimpinan perusahan.(kys)