Wali Kota GSVL Boyong Penghargaan Indonesia Creative Leader 2019

Wali Kota GSVL Boyong Penghargaan Indonesia Creative Leader 2019
Wali Kota GSVL Boyong Penghargaan Indonesia Creative Leader 2019

MANADO, (manadotoday.co.id) – Setelah meraih Best Walikota di Indonesia Innovation Award (IIA) 2019 pada 25 April pekan lalu, kali ini, Wali Kota Manado, G.S Vicky Lumentut (GSVL) kembali mendapatkan penghargaan Indonesia Creative Leader 2019 dari Sindo Weekly (MNC Group).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Desa PDT dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, kepada Sekda Kota Manado, Micler Lakat, mewakili wali kota, bertempat di Hotel Borobudur-Sumba Ballroom, Selasa (30/4/2019).

Sindo Weekly Government Award 2019 adalah ajang penghargaan bagi kepala daerah yang dinilai berhasil melakukan berbagai inovasi dalam pengelolaan pembangunan di daerahnya masing-masing.

Wali kota sejak menjabat pada 8 Mei 2010 silam, mampu membawa perubahan berarti di Kota Manado. Atas keberhasilan di periode pertama, beliau dipercaya untuk kedua kalinya menakhodai ibukota Provinsi Sulawesi Utara itu.

Memasuki tahun ke-3 kepemimpinan bersama Wakil Wali Kota, Mor Bastiaan, Kota Manado meraih berbagai prestasi, seperti keberhasilan dalam perencanaan pembangunan, pengelolaan tata pemerintahan, pengembangan pariwisita serta kemajuan di bidang insfrakstruktur, pelayanan publik dan ekonomi.

Di tangan brilian wali kota dan wakil wali kota, Manado dinobatkan sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia dua tahun berturut-turut. Dalam menunjang sektor pariwisata, bidang infrastruktur menjadi perhatian penuh, termasuk menghadirkan iven-iven bertaraf nasional hingga internasional, salah satunya Manado Fiesta, yang kini sudah masuk tahun ketiga pelaksanaannya.

Manado Fiesta memberi multiplayer efek di masyarakat. Ekonomi kerakyatan meningkat dampak dari tingginya kunjungan wisatawan lokal maupun manca negara.

Selain itu, Wali Kota GSVL juga memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam mendukung program menuju kota layak huni, efisien dan berkesinambungan serta yang berwawasan lingkungan atau green based environment dengan menghadirkan Cerdas Command Center (C3), lengkap dengan berbagai aplikasi pendukung termasuk Call Center Manado Siaga 112 untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Bahkan, pada November 2018, Call Center Manado Siaga 112 dinobatkan sebagai yang terbaik di dunia dengan meraih Gold Medal Category Best Emergency Service Center in the World 2018 oleh Contact Center World, di Praha, Republik Ceko.

“C3 berfungsi mengelola berbagai aplikasi untuk memonitor Kota Manado. Di antaranya, harga sembako, masalah kebersihan, kemacetan, keamanan, perakiraan cuaca, gempa bumi, jalan rusak, dan sebagainya. Terobosan ini sebagai upaya pemerintah menuju Manado Kota Cerdas tahun 2021,” jelas mantan Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) itu.

Kini, Kota Manado masuk dalam ‘Gerakan Menuju 100 Smart City di Indonesia’. Ini menjadi bukti bahwa program untuk menjadikan Manado sebagai Kota Cerdas atau Smart City benar-benar nyata dan mulai berefek.

“Program Smart City sebagai infrastruktur dan sistem pengendali, akan mengawal pencapaian visi melalui pelaksanaan enam misi yang tersimpul ke dalam enam kata kunci sebagai singkatan CERDAS (Cendekia, Ekowisata, Religius, Daya saing, Aman dan Sehat).”ujarnya.

Turut hadiri mendampingi sekda pada kegiatan tersebut, Kabag Humas Pemkot Manado, Sonny Takumansang.

Berikut daftar kepala daerah peraih penghargaaan MNC Government Award 2019:

Kota Ambon (Kota Toleransi)
Kota Payakumbuh (Kota Sehat)
Kota Jayapura (Kota Pendidikan)
Kota Depok (Kota Infrastruktur layanan publik)
Kota Malang (Kota Inovasi Birokrasi)
Kota Pangkalpinang (Kota Pariwisata)

Kabupaten Tapin (Pertumbuhan Ekonomi)
Kabupaten Sumbawa Barat (Pengentasan Kemiskinan)
Kabupaten Puncak Papua (Infrastruktur)
Kabupaten Luwu Timur (Infrastruktur)
Kabupaten Bulukumba (Pariwisata)
Kabupaten Musi Banyuasin (Inovasi Infrastruktur)
Kabupaten Jayapura (Penanganan Bencana)
Kabupaten Tuban (Ketahanan Pangan)
Kabupaten Pasuruan (Layanan Publik)
Kabupaten Serang (Pendidikan)
Kabupaten Tangerang (Kesehatan)

Provinsi Sulawesi Utara (Jaminan Sosial)
Provinsi DKI Jakarta (Transportasi Publik)
Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pengembangan Peternakan)
Provinsi Jawa Barat (Investasi)
Provinsi Jawa Timur (Manajemen Ketenagakerjaan)

Wali kota Balikpapan (Indonesia Creative Leader)
Wali kota Manado (Indonesia Creative Leader)
Wali kota Bontang (Inspiring Women Leader)
Wali kota Medan (Indonesia Creative Leader)
Bupati Tapanuli Utara (Indonesia Creative Leader)
Bupati Buru Selatan (Indonesia Innovative Leader)
Gubernur Jawa Tengah (Indonesia Innovative Leader)
Gubernur Jawa Barat (Indonesia Innovative Leader). (ryan)

Add Comment