Siapkan Petugas Medis Saat Pleno Rekapitulasi Suara, KPU Dan Bawaslu Mitra Apresiasi Bupati Sumendap

e74f31428a7b27d3e717f4d3d184d3b4.0RATAHAN, (manadotoday.co.id) – KPU dan Bawaslu Mitra, mengapresiasi Bupati James Sumendap SH, pasalnya, mengantisipasi agar tidak ada penyelenggara pemilu, saksi, dan aparat keamanan yang menjadi korban selama tahapan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan maka Pemkab Mitra melalui Dinas Kesehatan menurunkan petugas medis untuk lakukan pemeriksaan kesehatan selama pleno rekapitulasi berlangsung hampir tiga hari.

Ketua KPU Minahasa Tenggara Wolter Dotulong, menyampaikan terima kasih atas perhatian dari Pemkab Mitra yang telah menurunkan petugas medis selama pleno rakapitulasi yang saat ini sementara berlangsung ditingkat kecamatan.

“Tentunya kami berterima kasih kepada Bupati JS yang telah menyediakan petugas medis, karena rapat pleno ini cukup menguras kondisi fisik dari penyelenggara di tingkat bawah,” katanya.

Ia juga menyebut hal tersebut menjadi perhatian pemerintah agar suksesnya tahapan penyelenggaraan Pemilu di Minahasa Tenggara.

Senada diungkapkan Ketua Bawaslu Minahasa Tenggara Jobby Longkutoy, yang juga mengapresiasi perhatian dari pemerintah daerah.

“Ini sangat baik bagi para personil kami di tingkat bawah, apalagi kita ketahui mereka melaksanakan tugas secara secara maksimal dengan waktu yang panjang,”ucap Joby.

Sementara Bupati JS, mengatakan, petugas medis memang harus disiapkan, pasalnya, kita tidak mau terjadi hal-hal seperti di daerah lain ada KPPS dan pengawas yang meninggal akibat kelelahan saat bertugas pada pleno rekapitulasi suara.

“Ini untuk memastikan agar mereka tidak mengalami gangguan kesehatan, termasuk karena kelelahan karena tugas mereka yang padat sampai larut malam serta jarang istirahat,” ujar Bupati JS.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Mitra dr Helni Ratuliu, menjelaskan, selain dilakukan pemeriksaan kesehatan pihaknya juga memberikan suplemen kepada para peserta pleno.

“Sesuai intruksi Bupati kami langsung menurunkan tim medis untuk melakukan pemeriksaan kesehatan bagi peserta pleno dan Puskesmas telah disiagakan untuk mereka serta menyiapkan posko di Puskesmas untuk tahapan Pemilu ini,” tandasnya.(ten)

Add Comment