Sambut Revolusi Industri 4.0, Pemuda Manado Dituntut Jadi Inovator dan Kreator

Reporter : | 09 Apr, 2019 - 11:35 am WITA

Sambut Revolusi Industry 4.0, Pemuda Manado Dituntut Jadi Inovator dan Kreator

Sambut Revolusi Industry 4.0, Pemuda Manado Dituntut Jadi Inovator dan Kreator

MANADO, (manadotoday.co.id) – Wali Kota G.S Vicky Lumentut diwakili Kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Laurens Umboh, membuka Pelatihan Kewirausahaan Pemuda yang digelar Dispora Kota Manado, di gedung Youth Center, Senin (8/4/2019).

Pelatihan itu dihadiri puluhan peserta dari berbagai Organisasi Kepemudaan (OKP) yang ada di Kota Manado.

Saat membacakan sambutan wali kota, Kadispora Laurens Umboh mengatakan, berdasarkan data statistik, angka pengangguran Kota Manado per bulan Agustus 2018 cukup tinggi, yakni mencapai 20.324 orang atau 10.38%, jika dibandingkan pada tahun 2017 di bulan yang sama yaitu 18.203 orang atau 9,35% dari 194.713 angkatan kerja.

“Bagaimana kita mengatasinya? Tentunya pemerintah melakukan langkah persuasive dengan menggelar pelatihan-pelatihan seperti ini bagi para pemuda,” kata Umboh didampingi Kabid Pemuda Dispora Victor Singal.

Dia berharap, lewat kegiatan ini para pemuda di Kota Manado dapat merubah mindset, karena perlambatan dalam menanggulangi pengangguran akibat adanya ketimbangan antara pencari kerja dan ketersediaan lapangan kerja.

“Belum lagi melihat kualitas kompetensi dan produktifitas yang dimiliki sumber daya manusia kita masih relatif rendah,” jelasnya.

Apalagi kata Umboh, persaingan yang akan semakin berat kedepannya karena tantangan global, revolusi industry 4.0.

“Di era ini kita dituntut tidak hanya sebagai eksekutor tapi juga harus memiliki kemampuan sebagai inovator dan kreator, karena itu jiwa kewirausahaan harus ditanamkan sejak dini kepada para pemuda di Manado,” pungkas Umboh membacakan sambutan Wali Kita Vicky Lumentut.(ryan/**)

Baca Juga :

Leave a comment