SBANL, Sosok Tenang dan Mobilitas Tinggi

Reporter : | 08 Apr, 2019 - 9:17 pm WITA

Pnt Ir Stefanus BAN Liow MAP

Pnt Ir Stefanus BAN Liow MAP

DALAM pelayanan dan pengabdian, Pnt Ir Stefanus BAN Liow MAP seakan tidak pernah memilih tempat dan waktu. Entah di perkotaan, pedesaan, pegunungan, pesisir bahkan sampai di pelosok jemaat.

Komitmen dan konsistensi tidak pernah surut dan pudar sejak SBANL menjadi Sekretaris Komisi P/KB Sinode GMIM Periode 2005-2010 berlanjut periode kedua 2019-2014 sampai menjadi Ketua Komisi P/KB SG Periode 2014-2018 bahkan sampai kini mendapat kepercayaan sebagai Penasehat Pria/Kaum Bapa dan Panji Yosua Sinode GMIM Periode 2018-2022.

Bersemangat dalam pelayanan dan pengabdian, Ir Stefanus BAN Liow MAP kerap mengalami berbagai pergumulan, tantangan dan pencobaan hidup, termasuk sampai pada situasi yang mengancam jiwa.

Sebuah peristiwa dramatis sempat terjadi beberapa waktu lalu saat menuju lokasi kegiatan di Pulau Gangga Minut. Perahu yang ditumpangi SBANL tenggelam. Saat di tengah laut, angin kencang, gelombang dan arus menghantam perahu yang ditumpangi rombongan.

Perahu terbalik dan seluruh penumpang tercebur ke laut.

SBANL tercebur terakhir karena berusaha minta pertolongan dan sempat masuk ke dalam pusaran air di bawah perahu yang sudah terbalik 180 derajat.

“Sungguh ini mujizat. Tuhan telah menolong kami,” ujar SBANL ketika itu. Tidak heran, jati diri dan integritas pelayanan dan pengabdian SBANL dikenal luas dan disegani bapak-bapak gereja termasuk Ibu-Ibu Tuhan karena isterinya Pnt Ir Miky Junita Linda Wenur MAP tiga periode menjabat Sekretaris Komisi WKI Sinode GMIM.

Sosok SBANL bukan hanya dikenal luas di Tanah Minahasa tetapi juga di Tanah Totabuan (Bolaang Mongondpw Raya) dan Nusa Utara.

Dalam suatu kesempatan, Pnt Jabes Gaghana, SE,ME mengatakan SBANL memiliki patron style yang khas, mau bekerja, bergerak dinamis dari satu kegiatan ke kegiatan lainnya. Dalam keadaan apapun, kata Jabes yang juga Ketua Pelayan Laki-Laki GMIST dan keseharian menjabat Bupati Kabupaten Sangihe, SBANL  selalu tenang, mobilitas tinggi dan mampu menguasai keadaan.

Wawasan, pengalaman, jaringan yang luas merupakan modal sentralnya. Menurut Jabes, ia kenal SBANL selain melalui media tetapi juga dalam perjumpaan kegiatan SAG Sulutteng dan Forum Komunikasi P/KB PGI.

Demikian halnya banyak menerima informase langsubg ketika  sharing dengan teman-teman P/KB GMIM. Hal yang sama diakui sahabatnya Pnt Drs Jan Rein Tumilaar, MSc MTh yang  sama-sama dengan Ir Stefanus BAN Liow MAP sebagai Komisi P/KB GMIM sejak tahun 2000 silam.

Rein mengakui sosok Ir Stefanus BAN Liow saat menjadi Sekretaris di bawah kepemimpinan Ketua Komisi P/KB SG Periode 2005-2010 sangat membantu tugas dan tanggung jawab pelayanan Pnt Ir Royke Oktavian Roring, MSi yang kini Bupati Minahasa.

Banyak kalangan menilai adalah sangat wajar  Ir Stefanus BAN Liow MAP Calon Anggota DPD-RI Dapil Sulut Periode 2019-2024  Nomor 39 melanjutkan pelayanan dan pengabdiannya mewakili Sulut lima tahun mendatang. (***)

Baca Juga :

Leave a comment