Elly Sangian: 2019 Produksi Tanaman Pangan di Mitra Dipastikan Meningkat

Tanaman Pangan Minahasa Tenggara , Dinas Pertanian Mitra, Elly Sangian RATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Pertanian, berupaya meningkatkan produksi sejumlah komoditas pertanian tanaman pangan yakni padi dan jagung di tahun 2019 ini.

Kepala Dinas Pertanian Mitra Elly Sangian mengatakan, tahun ini pihaknya upayakan peningkatan produksi pertanian.

“Seperti padi berdasarkan perhitungan yang dikonversi ke beras mencapai 23 ton pada tahun lalu. Sedangkan jagung dikisaran 45 ton tahun sebelumnya,” ujar Sangian, Kamis (4/4/2019).

Dijelaskan Sangian, khusus tahun ini untuk target produksi, pihaknya masih melakukan perhitungan jumlah luas lahan pertanian yang akan ditanami kedua komoditi tersebut.

Selain itu, upaya peningkatan produksi pertanian tanaman pangan ini, pihaknya juga akan menyalurkan bantuan kepada kelompok tani.

“Tahun ini kami mendapatkan beberapa jenis Alsintan yang merupakan bantuan khusus dari Kementrian Pertanian,” katanya.

Sangian mengungkapkan, bantuan yang akan diperoleh pihaknya yakni, 10 unit handtraktror, 25 unit pompa air, serta 5 unit kultivator.

“Selain itu juga ada peralatan khusus untuk memudahkan para petani saat menanam, atau memanen hasil produksi mereka.” tuturnya.

Ditambahkannya, bantuan tersebut akan diberikan kepada kelompok tani yang telah melewati proses verifikasi dari pihaknya.

“Bantuan Alsintan ini akan diberikan kepada para kelompok tani yang telah mengajukan permohonan bantuan. Namun kami akan melakukan verifikasi terlebih dahulu,” jelasnya.

Ia mengakui dengan penggunaan Alsintan oleh para petani, berdampak pada peningkatan produksi dari para kelompok tani.

“Selain terjadi peningkatan produksi, juga meminimalisir biaya yang dikeluarkan para petani serta tidak memakan waktu saat masa tanam, atau pada masa panen,” tandasnya (ten)