Eman: Ormas Berkontribusi Besar Jaga Kedaulatan Negara

Wali KotavTomohon Jimmy F Eman SE Ak saat membuka kegiatan
Wali KotavTomohon Jimmy F Eman SE Ak saat membuka kegiatan

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak menegaskan, Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) memiliki peranan penting dan berkontribusi besar dalam menjaga kedaulatan negara.

Hal itu diungkapkan wali kota saat membuka  Sosialisasi Peran Organisasi Kemasyarakatan Dalam Menyukseskan Pemilu Tahun 2019 yang dilaksanakan di Wise Hotel Kelurahan Kamasi Tomohon Tengah Selasa (2/4/2019).

‘’Indonesia memiliki keberagaman baik agama, suku, budaya yang terangkum dalam Bhineka Tunggal Ika. Meski berbeda-beda tapi kita tetap satu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia,’’ ujar wali kota.

Dalam hubungannya dengan pemilu 2019, wali kota meminta Ormas bisa mensosialisasikan tentang Pemilu, cara memilih yang benar dengan memilih para wakil rakyat yang berkualitas dan bisa membangun daerah maupun bangsa dan negara.

Kegiatan Sosialsasi peran Ormas dalam menyukseskan Pemilu 2019
Kegiatan Sosialsasi peran Ormas dalam menyukseskan Pemilu 2019

Dikatakan Eman, dinamika perkembangan Ormas dalam wujud, jenis dan bentuknya mengalami metamorfosa atau perubahan sejalan dengan perkembangan peradaban manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi, hukum dan tata kelola negara.

‘’Ormas juga mengalami perubahan wujud, jenis dan bentuknya, perubahan cakupan sector atau bidang garapannya, cara-cara dalam melakukan aktifitas dan relasi dengan lingkungannya,’’ tandasnya.

Selaku narasumber pada kegiatan ini, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sulut Helda Tirajoh SH, unsur Forkopimda Tomohon Ketua DPRD Tomohon Ir Miky JL Wenur MAP, mewakili Dandim 1302 Danramil Tomohon Kapten Inf Sulistio, Wakapolres Tomohon Kompol Joice Wowor mewakili Kapolres Tomohon, mewakili Kejari Kasie Intel Wilke Rabeta SH. Sementara dari Akademisi Dr Ferry Daud Liando.

Turut hadir, anggota DPRD Tomohon Piet HK Pungus SPd, Kaban Kesbangpol Tomohon Ronny Lumowa SSos MSi, tokoh agama dan tokoh masyarakat dan LSM di Kota Tomohon. (ark)