Temu Alumni, Lomban Paparkan Prospek Kota Bitung Tahun 2025

Prospek Kota Bitung Tahun 2025,  Maximiliaan J Lomban , Sumber Daya Pembangunan Angkatan 1992-2019, Universitas Sam RatulangiBITUNG, (manadotoday.co.id) – Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban memaparkan prospek Kota Bitung Tahun 2025, dalam orasi ilmiahnya pada kegiatan Temu Alumni Program Studi Magister Sumber Daya Pembangunan Angkatan 1992-2019 Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), di Gedung Pasca Sarjana Unsrat, Manado, Selasa (26/3/2019).

“Kota Bitung adalah lokomotif pembangunan di Provinsi Sulawesi Utara dulu, saat ini dan masa yang akan datang,” kata Lomban.

Ia juga memaparkan sejarah terbentuknya Kota Bitung serta perkembangannya dari tahun ke tahun disemua bidang baik ekonomi, infrastruktur dan berbagai potensi yang tersimpan di dalamnya.

“Posisi Kota Bitung yang sangat ideal untuk menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia bagian timur karena berada tepat di bibir Pasifik serta ditetapkannya tiga mega proyek Nasional di Bitung yakni International Hub Port, Kawasan Ekonomi Khusus dan jalan Tol Manado-Bitung,” jelasnya.

Lomban pun tak menampik jika dalam perkembangannya Kota Bitung mengalami beberapa permasalahan, seperti menurunnya pertumbuhan ekonomi akibat kebijakan pemerintah pusat yang keliru disektor perikanan yang menjadi tonggak penunjang ekonomi di Bitung, sehingga memicu meningkatnya angka pengangguran karena beberapa pabrik pengolahan ikan berhenti berproduksi.

Menghadapi situasi tersebut Pemerintah Kota Bitung tidak pasrah dengan keadaan yang ada, tapi mulai berinovasi dengan potensi yang ada untuk membangkitkan kembali perekonomian salah satunya ialah penguatan sektor pariwisata yang sampai saat ini berkontribusi positif dalam pertumbuhan ekonomi Kota Bitung dalam dua tahun terakhir.

“Kami berharap kedepan Pelabuhan Bitung nantinya adalah satu-satunya International Hub Port bagian timur Indonesia, karena hanya ada dua di Indonesia, terealisasinya bandara logistik di Kota Bitung sehingga menjadi pintu gerbang perekonomian Indonesia di Asia Pasifik,” papar Walikota.

Hadir dalam kegiatan tersebut mewakili Rektor Unsrat Drs T Gosal MSi, Perwakilan Pengurus Pusat Ikatan Alumni Unsrat serta Instansi terkait lainnya.(kys)