Bupati JS Kembali Cetak Prestasi, Pertama di Sulut Rampungkan Laporan Keuangan ke BPK

c7f1f48ea1d0672e61d4d52b1a0f9039.0MANADO, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) yang dipimpin Bupati James Sumendap SH kembali mengukir prestasi dengan pertama di Sulawesi Utara (Sulut) yang melaporkan tahap pemeriksaan pendahuluan laporan keuangan ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) perewakilan Sulut pada Selasa 26/3/2019) tadi siang.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Mitra Mecky Tumimomor SE menjelaskan, Laporan Keuangan dari bulan Januari sampai dengan Februari telah disusun oleh Perangkat Daerah hingga menjadi laporan SKPD.

Kemudian setelah selesai disusun oleh Perangkat Daerah, Laporan Keuangan diserahkan kepada inspektorat pada akhir bulan Februari untuk dilakukan review, dan langsung ditindaklanjuti dengan koreksi atas hasil Review Laporan Keuangan.

“Pada bulan Maret dilakukan konsolidasi LKPD dan finalisasi PA, dan pada hari selasa 26 Maret 2019 penyerahan Laporan Keuangan TA. 2018 (Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Operasional, Neraca, Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Laporan Arus Kas, Catatan atas Laporan Keuangan) dan Analytical Review Laporan Keuangan kepada Ketua Tim Pemeriksa BPK
Ibu Elisa Trihapsari SE, M.Ak,”ujar Mecky.

Sementara itu, Bupati JS mengapresiasi tim penyusun laporan keuangan di Satuan Kerja Perangkat Mitra yang telah bekerjasama dan berkolaborasi dengan baik bersama pihak BPK RI sehingga laporan keuangan Kabupaten Mitra jadi yang pertama dari daerah lain yang ada di Sulut.

“Sinergi ini untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik dan bersih atau good clean governance,” kata Bupati JS.

Ia berharap sinergitas tersebut bisa menjadikan pemerintah Kabupaten Mitra kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian terhadap laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun 2018.

Laporan keuangan Pemkab Mitra ke BPK disampaikan langsung oleh Kepala Badan Keuangan Daerah Bpk. Mecky R. Tumimomor, SE, M.Si, didampingi Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan H.R.Ole, MSA, Ak, CA, AAP dan Kepala Bidang Aset Laorens Manopo, SE, MM.

Kepala Bidang Akuntasi dan pelaporan Badan Keuangan Daerah (BKD) H.R Ole menambahkan, Laporan Keuangan yang diserahkan sudah di-review dan sudah sesuai dengan SAP dan memenuhi Asersi Manajemen dalam Pelaporan Keuangan
antara lain 1. Asersi tentang keberadaan atau keterjadian (existence or occurance), 2. Asersi tentang kelengkapan (completeness), 3. Asersi tentang hak dan kewajiban (rights and obligations), 4. Asersi tentang penilaian atau alokasi (valuation and allocation), 5. Asersi tentang penyajian dan pengungkapan (presentation and disclosure).

“Jadi Rencana LKPD Lengkap akan diserahkan langsung oleh Bupati pada hari Jumat tanggal 29 Maret 2019,”tutur Ole, menambahkan Prestasi Bupati Minahasa Tenggara selain mendorong SKPD untuk mandiri menyelesaikan Laporan Keuangannya, turut didukung kesigapan Bidang Aset Badan Keuangan Daerah dan Tenaga tenaga Akuntan pada Bidang Akuntansi.

Pada Laporan Konsolidasian tingkat SKPD, laporan keuangan tersebut langsung ditangani oleh 8 tenaga akuntan antara lain Nita Maringka, SE, MM, Deo Tompudung, SE, Frily Rogahang, SE, Hani Onsu, SE, Allen Pontoh, SE, Reynold Sahensolar, SE, Michael Manawan, S.Kom.(ten)