Buka Musrembang Kabupaten RKPD 2020, Bupati JS: Harus Mampu Hasilkan Program Pembangunan Daerah

SAVE_20190326_130522RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH (JS) membuka Musrembang dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Daerah (RKPD) Kabupaten Mitra tahun 2020 bertempat di Sport Hall kantor Bupati, Senin (25/3/2019) kemarin.

Plt kepala BAPEDA DR.Grace Oroh,M.PD dalam laporannya menyampaikan, tema pembanguan tahun 2020 adalah mewujudkan Mitra sehat, cerdas, tangguh dan berdaya saing.

Dengan 7 prioritas pembangunan antara lain Pengurangan kemiskinan dan pengangguran, Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, Peningkatan mutu pendidikan, Ketahanan pangan melalui peningkatan produksi dan produktifitas pertanian, perkebunan dan perikanan,  Peningkatan ekonomi,daya saing iklim usaha,pariwisata,koperasi dan UMKM, Infrastruktur layanan dasar,tata ruang,mitigasi bencana dan lingkungan hidup, Reformasi birokrasi ,tata kelola pemerintahan dan optimalisasi pelayanan publik.

“Proses tahapan pelaksanaan musrembang dengan pendekatan bottom up dimana musrembangdes selesai dilaksanakan Januari 2019, musrembangcam selesai Februari 2019 dan musrembangkab dilaksanakan Maret 2019 pra musrembang kabupaten 25 Maret dan Musrembagkab 25 Maret. Jumlah usulan kegiatan untuk RKPD 2020 12 kecamatan 994 usulan,”kata Grace.

Sementara itu Bupati James Sumendap SH, mengatakan, Musrembang dilaksanakan sebagai salah satu tahapan dalam perencanaan pembangunan sebagaimana diaamanatkan oleh UU nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional.

“Proses penyelenggaraan pembangunan dilaksanakan secara bersama sama antara pemerintah dan masyarakat yang merupakan mitra kerja pemerintah dalam setiap tahapan proses pembangunan artinya masyarakat diikut sertakan dalam proses penentuan arah dan kebijakan,”ujar Bupati JS.

Sumendap berharap tahun ini mampu merumuskan beberapa kebijakan dan program strategus untuk memacu percepatan pencapaian target pembangunan.

“Musrembang ini jangan hanya sekedar seremonial belaka melainkan mampu menghasilkan penyelarasan program dan kegiatan,mempertahankan indikator serta target program kegiatan dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sinergi pelaksanaan pembangunan daerah dan menghasilkan bahan pemutahiran rancangan RKPD kabupaten Mitra tahun 2020,”harap Sumendap.

Pada kesempatan itu, dilakukan penandatanganan berita acara Musrembang antara Bupati,Ketua DPRD, Wakil Bupati, sekda, BAPEDA Provinsi Sulut, unsur perempuan,tokoh agama,delegasi kecamatan dan LSM.

Turut hadir pada kegiatan tersebut yakni
Drs Jesaja J.O Legi, ketua DPRD Marty Ole, S.Mn, sekda Drs Robby Ngongoloy,ME,M.si, para asisten,forkopimda yang mewakili, staf khusus bupati Drs Jeremia Damongilala, M.si, Kabid Monitoring dan evaluasi BAPEDA Prop.Sulut Ir Dani Karouw, MT, instansi vertikal, Kepala SKPD serta undangan lainya.(ten)