Irup Upacara HUT Satpol PP, Damkar dan Limnmas, GSVL: Tingkatkan Semangat Juang dan Dedikasi

HUT Satpol PP, HUT Damkar , GS Vicky Lumentut, xaverius runtuwene2
Irup Upacara HUT Satpol PP, Damkar dan Limnmas, GSVL: Tingkatkan Semangat Juang dan Dedikasi

MANADO, (manadotoday.co.id) – Wali Kota GS Vicky Lumentut, menjadi irup upacara dalam rangkat Hari Ulang Tahun (HUT) SatPol-PP ke-69, yang dirangkaikan dengan HUT Pemadam Kebakaran ke-100, dan Sat-Linmas ke-57 tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang dipusatkan di Kota Manado, bertempat di Lapangan Sparta Tikala, Senin (25/3/2019).

Wali kota saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo, menegaskan peringatan hari ulang tahun sebagaimana yang dilakukan hari ini, tentu tidak hanya dijadikan seremonial dalam mengenang masa lalu, tapi lebih dari itu, harus dijadikan pemecut untuk meneruskan semangat juang, dedikasi dan pengabdian apatur dalam melindungi masyarakat.

“Serta membulatkan tekad untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.”ujar Wali Kota Vicky Lumentut yang melakukan pemeriksaaan pasukan dengan menaiki mobil Jeep Rubycon DB 1 A.

Dia menjelaskan, Satuan Polisi Pamong Praja dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman, serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat.

“Sementara tugas Pemadam Kebakaran adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran, melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran, pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran, serta penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia dan Satuan Perlindungan Masyarakat secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, ikut memelihara ketenteraman ketertiban masyarakat, membantu penanganan ketenteraman ketertiban dan keamanan dalam menyelengaraan Pemilu serta membantu upaya pertahanan Negara.”jelas wali kota.

Jelang Pemilu 2019, wali kota berpesan agar seluruh aparatur pemerintah dan elemen masyarakat mempunyai kewajiban untuk menyukseskan pesta demokrasi tersebut.

Irup Upacara HUT Satpol PP, Damkar dan Limnmas, GSVL: Tingkatkan Semangat Juang dan Dedikasi
Irup Upacara HUT Satpol PP, Damkar dan Limnmas, GSVL: Tingkatkan Semangat Juang dan Dedikasi

“Mari bersama-sama kita jaga kualitas penyelenggaraan Pemilu ini agar berjalan sesuai dengan kaidah-kaidah Demokrasi, Luber dan Jurdil serta bermartabat. Menjadi barisan terdepan dalam melawan racun demokrasi, yaitu politik uang, politisasi sara, serta penyebaran ujaran kebencian, fitnah dan hoaks sehingga proses demokrasi ini nantinya akan melahirkan pemimpin bangsa yang berkiblat kepada kepentingan masyarakat, serta bangsa dan Negara Indonesia,“ pungkas Wali Kota GS Vicky Lumentut.

Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan pertunjukan atraksi drum band dan bela diri dari SatPol-PP Kota Manado.

Sekadar informasi, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan MoU antara Pemkot Manado dan Angkasa Pura I, juga Pemkot Manado dan Rumah Sakit (RS) yang diwakili oleh RS Prof Kandou dan RS Siloam terkait pelayanan 112 Call Center.

Turut hadir  Wakil Wali Kota Manado, Mor D Bastiaan, Sekda Micler Lakat, Kasat Pol PP Provinsi Evans Liow, Kasat Pol Kota Manado Xaverius Audy Runtuwene, para Kasat Pol kabupaten/Kota Se-Sulut.(ryan)