Eman Berharap Penyusunan RKPD 2020 Konsisten dan Relevan

Wali Kota, Ketua DPRD, Wakil Wali Kota, dan Sekretaris Kota di Musrenbang RKPD
Wali Kota, Ketua DPRD, Wakil Wali Kota, dan Sekretaris Kota di Musrenbang RKPD

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak berharap penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Tomohon tahun 2020 konsisten dengan rencana yang relevan.

Hal itu diungkapkan wali kota saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kota Tomohon Tahun 2020 yang dilaksanakan di Aula Megfra di Kelurahan Matani Dua Kecamatan Tomohon Tengah Jumat (22/3/2019).

Eman mengingatkan kepada para penyusun agar berjalan sesuai tahapannya dengan menggunakan pendekatan secara teknokratik, partisipatif, politis, bottom-up / top-down.

‘’Perencanaan daerah selain memenuhi kaidah penyusunan rencana yang sistematis, terpadu, transparan dan akuntabel juga harus konsisten dengan rencana lainnya yang relevan. Pada  bulan lalu kita telah melaksanakan Musrenbang dari tingkat kelurahan sampai tingkat kecamatan dengan menggunakan aplikasi e-musrenbang yang bertujuan untuk transparansi proses perencanaan,’’ ujar wali kota didampingi Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan dan Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh.

Eman optimis Musrenbang RKPD Kota Tomohon tahun 2020 ini akan semakin memperkuat pencapaian visi dan misi pemerintah Kota Tomohon yang kemudian akan mendukung pencapaian prioritas pembangunan di Sulawesi Utara dan tentunya akan berkontribusi nyata pada tingkat nasional.

Peserta Musrenbang RKPD 2020 Kota Tomohon
Peserta Musrenbang RKPD 2020 Kota Tomohon

\

‘’Kita akan melaksanakan RPJMD tahun keempat pemerintahan kami. Oleh sebab itu, program dan kegiatan yang akan dilaksanakan nantinya, harus mampu memperkuat hasil pembangunan di tahun sebelumnya dan hasilnya menjadi landasan yang kuat ke arah pencapaian visi dan misi 5 tahun pemerintahan kami,’’ tandas Eman.

RPKD tahun 2020 ini lanjutnya, merupakan tahap konsolidasi akhir dan penajaman program dan kegiatan untuk kesuksesan RPJMD sehingga harus dioptimalkan penyusunan dan pelaksanaannya.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Tomohon Royke Roeroe SPMAP dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk membahas rancangan RKPD Tahun 2020.

Narasumber pada kegiatan tersebut DPRD Tomohon Ir Miky JL Wenur MAP, Direktur Otonomi Daerah Bappenas RI diwakili Ervan Arumansyah, Dirjen Bina Bangda Kemendagri RI diwakili Tavip Rubiyanto, Kepala Bappeda Sulut diwakili Elvira Katuuk SE ME, Kadis PU Sulut diwakili Frans Timah MT dan Kajari Tomohon diwakili Elson Butar-Butar SH, Ketua FKUB Kota Tomohon Pdt Vony Roring MTh, Anggota DPRD Tomohon Piet HK Pungus SPd, tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat Kota Tomohon serta jajaran Pemkot Tomohon. (ark)

Add Comment