Gencar Lakukan Sosialisasi, KPU Mitra Harap Pemilih Telah Kantongi Nama Calon Sebelum ke TPS

KPU MitraRATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Jelang Pemilu serentak pada Rabu 17 April 2019 mendatang. Pihak Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara gencar melakukan sosialisasi, termasuk mengerahkan semua potensi yang dimiliki ada, termasuk relawan demokrasi di 11 basis.

Bahkan KPU telah menyebarkan specimen surat suara hingga ke PPS baik itu calon Presiden/Wakil Presiden, DPD maupun calon legislatif.

“Kami berharap, pemilih sudah mengantongi nama capres-cawapres, DPD dan caleg yang akan mereka pilih sebelum mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) pada 17 April 2019 mendatang. Dengan demikian, diharapkan, pemilih tidak memerlukan waktu yang lama saat mencoblos surat suara di bilik atau cukup 3-5 menit,” ujar Ketua KPU Kabupaten Mitra Wolter Dotulong, melalui Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Otnie N Tamod, Rabu (20/3/2019).

Otnie menjelaskan, pemilih sebelum masuk ke bilik suara, harus punya calon yang akan dicoblos. Sehingga dengan pilihan yang sudah ada di kepala itu berarti ke dalam (bilik suara) itu dia tinggal cari partai dan namanya, tinggal dicoblos.

Wakil Ketua Divisi Sosialisai, Partisipasi Masyarakat dan SDM ini juga berharap, bila pemilih telah mengantongi calon yang akan dia pilih, maka dipastikan pada pelaksanaan Pemilu di Mitra 17 April nanti, bisa berjalan sesuai waktu yang kami targetkan.

“Memang, berdasarkan pengalaman Pemilu sebelumnya, pemilih menghabiskan waktu yang lama di dalam bilik. Sebab, mereka tidak tahu siapa yang akan mereka coblos. Hal itu akan berakibat pada lamanya waktu pemungutan suara secara keseluruhan di TPS,”jelasnya.

Otnie mengakui bahwa waktu untuk memilih tidak banyak, hanya mulai jam 07.00 sampai dengan 13.00 Wita. Makanya, pemilih harus efisien waktu, supaya proses pemungutan suara tidak melebihi batas waktu.

“Kami berharap, pemilih dapat menggunakan hak suaranya dengan datang ke TPS pada pelaksanaan Pemilu serentak kali ini, yang berbeda dengan Pemilu sebelumnya. Jangan Golput, karena suara Anda menentukan nasib bangsa ini lima tahun mendatang,”harap Otnie. (ten)

Add Comment