Bupati Minahasa Buka Sosialisasi Pemilu 2019

Bupati Minahasa Buka Sosialisasi Pemilu 2019TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Ir Royke O Roring M.Si, membuka sosialisasi penyelenggaraan Pemilu Kabupaten Minahasa, di Pusgiat Tondano, Selasa, 19 Maret 2019.

Turut hadir Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf. Slamet Raharjo S.Sos, M.Si, Wakapolres Minahasa Kompol Alkat Karouw, S.Sos, Asisten Pemerintaham dan Kesra setda Kabupaten Minahasa Dr. Denny Mangala, M.Si, Kepala Badan Kesbangpol Minahasa Drs. Jorry Gumansing, Kasi Intelegent Kejaksaan Negeri Minahasa Novrianto Sihombing, SH, MH, Ketua KPU Minahasa Lord Malonda, S.Pd, Ketua Bawaslu Minahasa Rendy Umboh, S.Si M.Si, camat serta hukum tua dan lurah se-Kabupaten Minahasa.

Dalam sambutannya Bupati mengajak semua yang hadir untuk bersyukur karena atas perkenanan Tuhan sehingga kegiatan “Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilihan Umum di Kabupaten Minahasa tahun 2019” bisa terselenggara.

“Kegiatan ini sangat penting karena berjenjang dari pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten. Sosialisasi ini sangat penting karena ini menyangkut hal yang fundamental, dimana pemimpin untuk 5 tahun kedepan ditentukan oleh kita,” ujar Roring.

Lanjutnya, Pemilihan Umum dalam negara demokrasi Indonesia merupakan suatu proses pergantian kekuasaan secara damai yang dilakukan secara berkala sesuai dengan prinsip-prinsip yang digariskan konstitusi. Sehingga dapat dipahami bahwa pemilu merupakan kegiatan politik yang sangat penting dalam proses penyelenggaraan kekuasaan dalam sebuah negara yang menganut demokrasi.

“Pemilu adalah lembaga sekaligus praktik politik yang memungkinkan terbentuknya sebuah pemerintahan perwakilan. Karena dengan pemilu, masyarakat secara individu memiliki hak dipilih sebagai pemimpin dan wakilnya di lembaga legislatif,” tegasnya.

Dia menyampaikan tidak dapat dipungkiri akan tercipta banyak perbedaan dalam pelaksanaan, Bupati berharap peserta dapat menghimbau masyrakat agar dapat menjaga kebersamaan dan kerukunan sekalipun berbeda pilihan.

“Saya mengajak kita untuk ikut mengambil bagian dengan memilih wakil rakyat sesuai dengan pilihan hati kita, dan kita harus memotivasi orang di sekitar kita untuk tidak golput, karena 1 suara sangat menentukan masa depan bangsa kita , ” pinta Bupati.

Dia juga berharap dengan kegiatan ini, segenap elemen masyarakat yang ada di kabupaten Minahasa dapat menjadi agen-agen pemilu dalam membantu KPU dan Banwaslu dalam menyelengarakan proses demokrasi dengan suasana aman dan kondusif serta sukses.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ketua KPU Minahasa Lord Malonda, S.Pd, Ketua Bawaslu Minahasa Rendy Umboh, S.Si, M.Si, Wakapolres Minahasa Kompol Alkat Karouw, S.Sos, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf. Slamet Raharjo, S.Sos, M.Si dan Kasi Intelegen Kejaksaan Negeri Minahasa Novrianto Sihombing, SH, MH. (rom)