Digelar Malam Hari, Karnaval Manado Fiesta 2019 Bakal Dikemas Mirip Brazilian Carnival

Karnaval Manado Fiesta 2019, Brazilian Carnival, Coreta Kapoyos, night carnival
Coreta Kapoyos, Wali Kota GS Vicky Lumentut, Wakil Mor Bastiaan, Sekda Micler Lakat dan Ketua DPRD Nortje Van Bone saat menghadiri rapat perdana Manado FIesta 2019

MANADO, (manadotoday.co.id) – Karnaval yang merupakan salah satu bagian penting dalam iven Manado Fiesta, dipastikan akan berbeda dan lebih menarik dibandingkan karnaval tahun sebelumnya.

Menurut Coreta Kapoyos, Manado Fiesta 2019 akan mengadopsi night carnival atau karnaval malam, yang saat ini masih jarang di temui dalam iven-iven pariwisata di Indonesia.

“Khususnya di Indonesia Timur mungkin baru Manado yang pertama akan menyelenggarakan night carnival. Apalagi di Sulawesi Utara ini banyak iven parawisata diantaranya; Festival Selat Lembeh dan TIFF yang notabene seluruhnya dilakukan pada pagi dan siang hari, jadi saya katakan kepada pak wali kota, bagaimana kalau kita tampil beda dengan karnival malam dengan kekuatan penuh yang ada yaitu laut,”kata Coreta Kapoyos yang juga Ketua Pantia Manado Fiesta 2019 dalam rapat perdana di kantor wali kota, Senin (19/3/2019).

Selain potensi laut, parade ‘Rumah Besar’ juga akan tetap ditampilkan karena itu adalah salah satu ‘kekuatan’ Kota Manado.

“Nantinya (kostom) night carnival kita akan memakai efek lightning seperti di Brazilian Carnival, memang tidak akan sama persis seperti di Brazil tapi kami akan berusaha memberikan yang terbaik karena ini juga pertama kalinya Manado Fiesta mengadopsi night carnival,”jelas Kapoyos.

Brazilian Carnival (foto: Ramon Moreira/Bookers International)
Brazilian Carnival (foto: Ramon Moreira/Bookers International)

Lanjutnya, pihaknya juga telah melakukan upaya agar masyarakat bisa terlibat langsung dalam pelaksanaan Manado Fiesta, sekaligus memberdayakan mereka dalam ekonomi kreatif.

“Kami saat ini sudah memberikan edukasi tentang produksi kostum karnaval kepada anak-anak sekolah di Kota Manado, dan itu sudah berlangsung sejak dua minggu yang lalu. Apalagi permintaan kostum karnaval melonjak tajam secara nasional, bukan tidak mungkin Manado bisa menjadi daerah yang memproduksi kostum karnaval bukan hanya di Indonesia tapi bahkan ke luar negeri,”katanya.

Dia menambahkan, selain night carnival, juga akan ada electric dance, pertunjukan laser di laut, parade perahu hias dan bahkan terjun payung yang akan dilakukan di malam hari.

“Jadi untuk sementara semua ini konsep yang akan kami tampilkan, ini bukanlah hal yang tidak mungkin, saya yakin jika kita semua kerja bersama-sama semua pasti akan terwujud, yang penting kita berbuat yang terbaik untuk Kota Manado,”pungkas Ketua Pantia Manado Fiesta 2019 Coreta Kapoyos.(ryan)

Add Comment