Pertajam Kerjasama Dengan BLCC, Lomban Kunjungi Universitas Southern Cross

BLCC bitung, Universitas Southern Cross Gold Coast, Professor Kevin Markwell BITUNG, (manadotoday.co.id) – Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban bersama rombongan, melakukan kunjungan ke Universitas Southern Cross Gold Coast, dan diterima Professor Kevin Markwell (Profesor in Tourism) School of Business and Tourism, Jumat (16/3/2019) waktu setempat.

Kunjungan itu, dilakukan Lomban, menindaklanjuti pertemuan dengan Walikota Gold Coast Tom Tate. Dalam pertemuan itu, Professor Kevin menjelaskan jika Kampus Southern Cross berorientasi pada kegiatan bisnis kepariwisataan.

“Tercatat di tahun 2018 ada 1.5 trilliun wisatawan melakukan perjalanan di seluruh dunia. Hal ini membuktikan bahwa manajemen pariwisata sangat dibutuhkan dan kampus ini menjawab kebutuhan tersebut. Kami punya 2 hotel di Sydney dan Gold Coast sebagai tempat praktek mahasiswa selain itu, kampus kami masuk 5 besar terbaik di Gold Cost,” paparnya.

Lomban berharap, kampus tersebut bisa bekerjasama dengan Bitung Logistic Community College (BLCC). Lomban kemudian memaparkan potensi bawah laut yang tidak ada di Australia, serta 5 pesona Kota Bitung, termasuk keberadaan patung Russell Walace.

“Professor Kevin menyatakan bahwa Walace adalah salah satu pahlawan di Australia. Kami juga berharap Bitung bisa kerjasama untuk bidang pariwisata terutama di bidang pengembangan SDM, peluang ini sangat terbuka lebar dikarenakan Professor Kevin sangat tertarik dengan keberadaan Walace di Bitung,” ujar Lomban.

Lanjutnya lagi, ini menjadi penting untuk mengetahui keberadaannya di sana, hal ini ditindaklanjuti dengan membuat tourism plan tentang vision, goals, strategies, priorities, marketing dan labour skills/trainning.

“Dan beliau akan menginformasikan keindahan bawah laut ke negara-negara lain termasuk New Zealand, Singapore dan Australia yang senang dengan keindahan bawah laut,” tutup Lomban.

Pertemuan yang berlangsung dalam suasana penuh kekeluargaan ini diakhiri dengan pertukaran canderamata. Ketua TP-PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung sangat mengapresiasi pertemuan tersebut dan berharap kerjasama ini akan dapat secepatnya direalisasikan.(kys)