Pemkot Tomohon Sosialisasikan Bansos dan Bantuan Duka

Wali Kota Tomohon sosialisasikan Bansos dan Bantuan Dana Duka
Wali Kota Tomohon sosialisasikan Bansos dan Bantuan Dana Duka

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon Kamis (14/3/2019) mensosialisasikan Bantuan Sosial (Bansos) dan Bantuan Duka yang mulai berlaku di tahun 2019 bertempat di Rumah Dinas Wali Kota Tomohon.

Dalam penjelasannya, Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengatakan, sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 13 Tahun 2018, ada empat poin penting dalam mengatasi permasalahan pemberian hibah yang dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tomohon.

Empat poin dimaksud adalah, pertama bersifar nirlaba, sukarela dan social. Kedua,  memiliki kepengurusan yang jelas di daerah yang bersangkutan. Ketiga, berkedudukan dalam wilayah administrasi pemerintah daerah yang bersangkutan, dalam hal ini berkedudukan di Kota Tomohon

Keempat, telah terdaftar pada kementerian yang membidangi urusan hukum dan hak asasi manusia

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman bersama Forkopimda
Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman bersama Forkopimda

‘’Hibah adalah pemberian uang/barang atau jasa dari pemerintah daerah kepada pemerintah atau pemerintah daerah lainnya, perusahaan daerah, masyarakat dan organisasi kemasyarakatan, yang secara spesifik telah ditetapkan peruntukannya, bersifat tidak wajib dan tidak mengikat, serta tidak secara terus menerus, yang bertujuan untuk menunjang penyelenggaraan urusan pemerintah daerah,’’ jelas wali kota.

Bansos tambahnya, adalah pemberian bantuan berupa uang atau barang kepada individu, keluarga, kelompok dan atau masyarakat yang sifatnya tidak secara terus menerus dan selektif yang bertujuan untuk melindungi dari kemungkinan terjadinya risiko sosial.

Untuk bantuan duka, akan diberikan santunan sebesar Rp1.000.000 kepada setiap warga yang meninggal dunia terhitungs ejak Januari 2019.

Hadir pada kegiatan tersebut, Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Tomohon Pdt Vonny Roring MTh, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Tomohon Drs Gerardus E Mogi, para tokoh Agama, para tokoh masyarakat serta para hadirin undangan. (ark)

Add Comment