Kecamatan Kumelembuai Mulai Laksanakan Evaluasi Perkembangan Desa

Reporter : | 12 Mar, 2019 - 10:11 pm WITA

Kecamatan Kumelembuai , Michael Kamang Waworuntu SSTP, KUMEKEMBUAI, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kecamatan Kumelembuai di Tahun 2019 ini, mulai melaksanakan Evaluasi perkembangan Desa yang sebelumnya dikenal dengan kegiatan Lomba Desa.

Agenda Tahunan yang menjadi program Pemerintah Kabupaten Minahasa Selata, mulai dilaksanakan di Desa Kumelembuai Atas, Selasa (12/3/2019)

Camat Kumelembuai Michael Kamang Waworuntu SSTP, dalam arahannya menyampaikan evaluasi perkembangan Desa, merupakan tindaklanjut Permendagri Nomor 81 2015 tentang evaluasi perkembangan Desa. Dimana instrumen penilaian bukan hanya soal keindahan, kebersihan dan pola hidup masyarakat, namun juga tata kelolah Administrasi dan pemerintahan desa tersebut.

“Dari Evaluasi dinilai Bagaimana perkembangan Desa sejak Januari sampai Desember 2018, apakah mengalami kemajuan atau tidak,” terangnya.

Selain itu tujuan kegiatan evaluasi perkembangan desa dimaksudkan agar setiap desa mampu mengetahui apa-apa yang menjadi kekurangan dan kelemahan desa, kinerja pemerintah, fubgsi BPD dan perangkat pemerintahan dan sejauh mana partisipasi masyarakat dalam menunjang program pembangunan dan sosial kemasyarakatan.

“Lewat instrumen penilaian akan diketahui kelemahan dan keunggulan desa tersebut,” tukasnya seraya berharap dari evaluasi perkembangan Desa ini akan memberi dampak positif dalam kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Diketahui setelah melaksanakan penilaian di masing-masing Jaga, hasil penilaian tersebut kemudian dipresentasikan oleh tim penilai untuk selanjutnya dievaluasi dan disampaikan kepada pemerintah Desa. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment