Dua Hari Berturut-turut Terjadi Kasus Pencurian, Perum GPI Mapanget Dinilai Tidak Aman

MANADO, (manadotoday.co.id) – Setelah sempat heboh dengan kejadian pencurian sekaligus penyekapan, Perumahan Griya Paniki Indah (GPI) Mapanget, kembali ramai dengan aksi pembobolan, yang tidak tanggung-tanggung terjadi dua hari pada Kamis (7/3) dan Jumat (8/3) di dua wilayah, yakni Jalan Delima dan Manggis.

Di Jalan Manggis IV pada Jumat (8/3), pelaku membobol rumah nomor 8 milik keluarga Arie Mandagi, masuk dengan cara merusak terali besi jendela rumah, namun beruntung pelaku hanya mengacak-acak lemari pakaian miliknya.

Sehari sebelumnya pada Kamis (7/3), pencuri berhasil menggasak pompa air milik tetangga samping rumah keluarga Arie Mandagi.

“Ini GPI sudah gak aman!,” tulis Arie di grup FB Forum Jual Beli GPI, sambil menyertakan foto terali besi jendela kamar yang dirusak pencuri.

Sementara di jalan Delima A1, rumah no 5 juga menjadi korban pembobolan pencuri pada Kamis (7/3).

Dua Hari Berturut-turut Terjadi Kasus Pencurian, Perum GPI Mapanget Dinilai Tidak Aman
Dua Hari Berturut-turut Terjadi Kasus Pencurian, Perum GPI Mapanget Dinilai Tidak Aman

Akun FB bernama Alain Ridler menulis di grup yang sama, “Sah! GPI perumahan paling tidak aman. Pas sampai di rumah jam 21:30, mendapati rumah sudah dibobol pencuri. Mereka masuk dari jendela belakang, terali yang terpasang di jendela sudah dilepas, pintu ruang keluarga dan kamar di rusak kemudian kamar di acak-acak. Rumah di Delima A1 no 5.”

Sejumlah ibu rumah tangga di jalan Manggis mengaku resah dengan aksi pencurian di Perum GPI yang semakin marak.

“Bahkan sampai tidak bisa tidur. Jika ada suara motor atau mobil berhenti langsung was-was. Rasanya sudah tidak aman di rumah sandiri,” kata Nova Wong, penghuni jalan Manggis 1.

Setelah kejadian tersebut, hingga subuh kemarin, beberapa masyarakat di kawasan jalan Manggis bersama Kepala Lingkungan 9 Kelurahan Buha Anry Bawole, melakukan patroli dengan Prokamling Kecamatan Mapanget.

Pelaku Pencurian Diduga Orang Dalam

Kejadian yang terjadi dua hari berturut-turut tersebut, memicu spekulasi dari para penghuni perumahan terbesar di Kota Manado itu. Mereka curiga pencuri merupakan penghuni perumahan.

“Aduhh… Ini pencuri bukan orang luar?? Mereka ini masih di lingkungan GPI. Masa kejadian beruntun begini,” tulis salah satu ibu rumah tangga di grup rukun WhatsApp.

Martha Kalebos, istri Kepala Lingkungan Anry Bawole yang membawahi wilayah Delima dan Manggis mengatakan, jika beberapa minggu lalu suaminya selalu melakukan ronda malam dan tidak ada kejadian pencurian.

“Aman. Tidak ada pencuri. Baru satu minggu ini saat kepala lingkungan istirahat keliling tengah malam, terjadi pencurian dua hari berturut-turut. Mungkin mereka tahu kalau lagi diawasi,” timpal Martha.

Meski begitu, Anry Bawole menyampaikan permohonan maaf peristiwa pencurian menimpa warganya.

“Mohon maaf, Pala seminggu tidak ronda malam karena kecapean setiap hari bolak balik Kantor Lurah dan Kantor KPU mengurus keperluan pemilu 17 April. Mohon bantuan kita bersama di lingkungan 9,”pungkasnya.(ryan)

Add Comment