BATAN Sosialisasi Teknologi Nuklir untuk Pertanian di Kota Tomohon

BATAN, para petani serta tokoh pemuda Ashley Rumajar
BATAN, para petani serta tokoh pemuda Ashley Rumajar

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Selasa (5/3/2019) mensosialisasikan pemanfaatan penelitian tenaga nuklir untuk pertanian bertempat di Balai Kelurahan Wailan Kecamatan Tomohon Utara.

Deputi Kepala BATAN Bidang Teknologi Energi Nuklir Ir Suryantoro MT menjelaskan, nuklir bukan hanya dimanfaatkn di dunia militer, tapi juga di bisang lain seperti pertanian, peternakan, kesehatan, energi serta bidsang lainnya.

‘’Masyarakat umum selama ini hanya tahu bahwa nuklir digunakan untuk militer. Tapi, sebenarnya lebih banyak bermanfaat di hal-hal yang bisa mensejahterakan masyarakat,’’ ujar Suryantoro.

Di bidang pertanian misalnya, nuklir telah dimanfaatkan untuk menghasilkan beragam varietas unggul tanaman pangan seperti kedelai, kacang hijau, sorgum, kacang tanah serta gandum tropis.

‘’Malahan, untuk tanaman padi, pemanfaatan nuklir teknik mutasi radiasi, berkontribusi pada lebih dari 10 persen unggul nasional dengan menghasilakan 23 varietas,’’ tambahnya.

penyerahan bantuan dari BATAN kepada petani
penyerahan bantuan dari BATAN kepada petani

Kegiatan sosialisasi dibuka Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melalui Asisten Perekonomian Ir Djoike Karouw MSi.

‘’Lewat soaialisasi ini, diharapkan masyarakat Kota Tomohon bisa memanfaatkan teknologi nuklir dari hasil Penelitian dan Pengembangan Badan Tenaga Nuklir Nasional khususnya di bidang pertanian, sehingga masyarakat mendapatkan manfaat yang besar dari teknologi tersebut,’’ kata Karouw membawakan sambutan wali kota.

Usai sosilisasi, pihak BATAN menyerahkan secara simbolis bantuan berupa benih kepada para perwakilan petani dari 5 kelurahan masing-masing Kamasi Satu, Wailan, Kayawu, Taratara, serta Kakaskasen.

Turut hadir, tokoh pemusa Ashley Rumajar, Camat Tomohon Utara Ir Martine Mamesah MSi dan undangan lainnya. (ark)

Add Comment