Lomban Tuntut TPID Bitung Proaktif

Reporter : | 05 Mar, 2019 - 6:49 pm WITA

dd4b25c599e1385dd2c0b46ef620d15f.0BITUNG, (manadotoday.co.id) – Realitas saat ini menunjukan bahwa inflasi nasional merupakan dinamika pembentukan harga yang terjadi di daerah, maka terjaganya inflasi daerah pada tingkat yang rendah dan stabil akan mendukung peningkatan daya saing dan menjamin kesinambungan pertumbuhan ekonomi.

Hal tersebut diutarakan Walikota Bitung Maxmiliaan J Lomban SE MSi didampingi Sekretaris Kota Bitung Dr Audy Pangemanan, membuka High Level Meeting (HLM) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), di Ruang Sidang Lantai IV Kantor Walikota Bitung, Senin (4/3/2019).

“Pertemuan ini adalah hal yang penting dan strategis untuk menunjukan peran aktif TPID Kota Bitung yang selalu mengikuti perkembangan arah perekonomian demi perkembangan pembangunan daerah,” ulasnya.

Lanjut Lomban, berbagai masalah struktural yang masih terjadi seperti konektivitas yang rendah, serta adanya kesenjangan informasi harga dan produksi pangan, ditambah lagi dengan terus meningkatnya harga komoditas di pasar internasional menyebabkan pergerakan inflasi sangat rentan berfluktuasi.

“Dengan kegiatan HLM ini, TPID Kota Bitung khususnya dalam pembahasan program kerja tahun 2019, harus dapat memastikan ketersediaan pasokan, mampu memantau keterjangkauan harga dan dapat memastikan ketersediaan pasokan serta mampu memfasilitasi kelancaran distribusi dan memaksimalkan komunikasi yang efektif dengan berbagai pihak terkait, sehingga penangan inflasi di Kota Bitung dapat berjalan dengan baik,” ulas Lomban.

Ia juga berharap TPID Kota Bitung terus berkoordinasi dalam memantau tugas di lapangan supaya apa yang akan putuskan berdasarkan benar-benar sesuai pengamatan dan juga berdasarkan hasil lapangan sehingga informasi pasar yang dibutuhkan dalam rangka kestabilan harga dapat terealisasi.

Turut hadir Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulut Sukowardojo, para Asisten Setda Kota Bitung serta instansi terkait lainnya.(kys)

Baca Juga :

Leave a comment