Bangun 27 Homestay di Bunaken, Pemkot Manado Dorong Keterlibatan Masyarakat Dalam Usaha Pariwisata

Reporter : | 03 Mar, 2019 - 1:42 pm WITA

GS Vicky Lumentut ,Mor Bastiaan, Usaha Wisata bunaken, homestay bunaken, sewa homestay bunaken,

Bangun 27 Homestay di Bunaken, Pemkot Manado Dorong Keterlibatan Masyarakat Dalam Usaha Wisata

MANADO, (manadotoday.co.id) – Wali Kota GS Vicky Lumentut dan Wakil Mor Bastiaan, bersama para kepala OPD, bertolak ke Pulau Bunaken untuk meresmikan 27 homestay yang dibangun oleh Pemkot Manado lewat Dinas Pariwisata, pada Jumat (1/3/2019).

Peresmian ini pun mendapat apresisasi dan dukungan dari masyarakat khususnya di Pulau Bunaken, apalagi, sesuai data dari Kementerian Pariwisata RI, pemberian bantuan homestay kepada masyarakat ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia yang menggunakan dana APBD.

Wali kota mengatakan, pembangunan homestay bertujuan untuk memberikan tambahan pendapatan kepada masyarakat di Pulau Bunaken agar tingkat ekonomi mereka semakin lebih baik.

“Lewat bantuan 27 homestay ini juga, pemerintah ikut mendorong masyarakat untuk terlibat dalam usaha wisata, jadi mereka tidak hanya menjadi ‘penonton’ saja, mereka dilibatkan langsung,”jelas Wali Kota Vicky Lumentut didampingi Wakil Mor Bastiaan, di sela-sela acara peresmian.

Lanjutnya, Pemkot Manado akan memberikan pelatihan kepada masyarakat penerima bantuan agar mereka nantinya tahu bagaimana mengelola homestay yang memiliki satu tempat tidur lengkap dengan kamar mandi tersebut.

Bangun 27 Homestay di Bunaken, Pemkot Manado Dorong Keterlibatan Masyarakat Dalam Usaha Wisata

Bangun 27 Homestay di Bunaken, Pemkot Manado Dorong Keterlibatan Masyarakat Dalam Usaha Wisata

“Saya juga berharap, kehadiran homestay ini akan merangsang wilayah Bunaken, dimulai dari lingkungan yang kami bangun (homestay) ini, menjadi lingkungan yang lebih baik untuk tujuan wisata, kebersihan dijaga, keamanan dijaga, dan nanti juga diharapkan ada usaha-usaha yang berkembang mendukung kepentingan parawisata di Pulau Bunaken,”katanya.

Selain itu, lewat pembangunan homestay ini, wali kota ingin agar masyarakat lebih lagi memperhatikan keberadaan taman laut Bunaken, yang sudah sangat dikenal oleh banyak orang.

“Karena jika taman laut itu terpelihara dengan baik, akan makin banyak turis yang datang, makin banyak pula turis yang menyewa homestay dan pada akhirnya pendapatan masyarakat lebih meningkat,”pungkas Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut.(ryan)

Baca Juga :

Leave a comment