Mantiri Dampingi Wagub, Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi

Pelatihan Berbasis Kompetensi, UPTD BPTK Kota Bitung, Ir Maurits Mantiri BITUNG, (manadotoday.co.id) – UPTD Balai Pelatihan Tenaga Kerja (BPTK) Kelas A Bitung, melaksanakan Pelatihan Berbasis Kompetensi di Aula UPTD BPTK Kota Bitung, Kamis (28/2/2019).

Kegiatan tersebut dibuka Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Drs Steven Kandouw, didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Provinsi Sulut Ir Erni B Tumundo MSi.

Dalam sambutannya Kandouw mengatakan pelaksanaan kegiatan ini merupakan realisasi dalam rangka mendukung program pemerintah pusat, lewat Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk menciptakan tenaga kerja yang memiliki skill dan berdaya saing tinggi.

“Program ini juga sangat bermanfaat bagi masyarakat Sulut khususnya Kota Bitung, mengingat jumlah UMP Provinsi Sulut lumayan besar membuat pekerja-pekerja dari luar daerah Sulut datang untuk mencari pekerjaan di sini. Hal ini tentunya harus segera diantisipasi dengan pelatihan seperti ini, sehingga lewat tersedianya SDM yang berkualitas tentunya meminimalisir masuknya tenaga kerja asing,” papar Kandouw.

Senada dengan Kandouw, Wakil Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri MM mengatakan, etos kerja para pekerja di daerah kita memang harus segera dibenahi untuk lebih baik lagi kedepan.

“Contoh yang sangat sederhana adalah tentang penerapan disiplin dan ilmu pengetahuan yang masih sangat minim, itulah mengapa program seperti ini sangat penting,” paparnya.

Kegiatan ini diikuti 240 peserta yang dibagi dalam 15 program pelatihan, dimana sepanjang tahun 2019 berjumlah 72 paket yang terdiri dari 50 paket program institusional dan 22 program mobile training unit dengan total anggaran Rp.5.760.000.000, sudah termasuk 4 paket pelatihan untuk memberdayakan kembali BLK Tondano.(kys)